5 Hal Penting Mendidik Anak Jadi Pribadi Pemaaf

0

Onesulsel.id — Dilansir dari Familyshare, lima langkah penting akan membantu anak belajar memaafkan dengan cara mulai membimbing mereka untuk memilih memaafkan terlebih dahulu kemudian menindaklanjuti kesalahan orang lain secara bijak.

Ajarkan nilai tentang keadilan


Pada umumnya anak-anak enggan memaafkan karena belum mengerti makna adil yang sebenarnya. Anak masih menganggap adil itu sama rata. Sehingga saat mereka harus memaafkan orang yang berbuat salah, anak akan merasa itu tidak adil. Untuk itu, ajarkan anak konsep keadilan tentang konsekuensi dari setiap tindakan. Katakan, dia yang salah akan mendapat balasan, dan bagi yang memaafkan akan mendapat kebaikan dan rasa tenang.

Mengasuh tanggung jawab


Memaafkan bukan berarti melupakan keadilan. Jelaskan kepada si kecil, bahwa dengan memaafkan dia telah melepaskan tanggung jawab untuk mewujudkan keadilan. Sebab, penilaian adil adalah tanggung jawab orangtua, guru, hakim dan orang dewasa lainnya. Ajarkan kepada anak-anak bahwa sementara ini kita tidak cukup tahu menilai perbuatan secara adil, Tuhan akan melakukannya.

Memaafkan membuat orang jera

Ajarkan memaafkan orang yang mengganggu dan tidak marah kepadanya atau membalas kejahatan. Misalnya, jika kakak memukul adik, meski pun si adik sakit, minta dia bersabar karena sikap sabar akan membuat orang yang menyakiti jera.

Cinta damai

Memaafkan akan menimbulkan konsekuensi positif kepada pelaku. Mereka yang dimaafkan akan malu sendiri telah berbuat jahat sehingga menciptakan rasa damai.

Prinsip hidup

Jadikan memaafkan sebagai prinsip hidup. Inilah prinsip yang semestinya diajarkan melalui diskusi dua arah kepada anak. Beri pujian saat anak memilih memaafkan. Ceritakan tentang sikap baik orang-orang yang rela memaafkan walau mendapat perlakuan tidak menyenangkan.

Editor : Refiqa

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017