5 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia, Rantepao di Indonesia Salah satunya

0

Onesulsel.id — Keberadaan pasar tradisional sepertinya tidak akan pernah dapat tergantikan. Ditempat inilah beragam bahan makanan segar dan kebutuhan pokok lainnya dapat dijumpai dengan mudah. Harganya pun relatif murah dibandingkan pasar modern atau supermarket.

Eksistensi pasar tradisional sendiri masih diakui oleh berbagai negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara maju. Bahkan, beberapa chef ternama lebih memilih pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan dapur mereka. Dilansir Okezone dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkap pasar-pasar tradisional terbaik di dunia :


Xom Moi Market, Vietnam
Daniel Woodbridge, seorang chef profesional asal Inggris yang kini menetap di Vietnam sejak 2015, mengungkapkan bahwa ia kerap membeli berbagai bumbu segar di Xom Moi Market yang terletak di Nha Trang, sebuah kota pesisir di Vietnam Selatan.


“Ini adalah pasar terbaik di Nha Trang. Keistimewaan pasar ini adalah semua ikan yang dijual adalah hasil tangkapan nelayan lokal. Selain itu, sayurannya pun ditanam secara organik. Saya selalu mengolah ikan sea bass yang dibalut dengan bumbu kunyit yang saya dapatkan dari pasar tersebut,” tukasnya.

Rantepao Market, Indonesia
Pemilik Cuca restoran sekaligus seorang chef profesional yang kini menetap di Bali, Kevin Cherkas, mengatakan bahwa salah satu pasar tradisional terbaik di Indonesia berada di daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kota Rantepao Tana Toraja.

 “Tidak ada yang bisa mengalahkan Pasar Rantepao di Toraja. Ratusan kerbau besar diperdagangkan dengan bebas. Anda juga dapat membeli berbagai jenis rempah-rempah, buah-buahan, sayuran segar, serta biji kopi organik di tempat ini,” kata Kevin.

Gyeongdong Market, Korea Selatan
Ketika buku panduan Michelin Guide diluncur pada 2016, restoran milik Chef Mingoo Kang ternyata mendapatkan satu bintang dari penghargaan tersebut. Menurut pengakuan Kang, ia selalu mencoba resep baru dengan bahan makanan yang ia beli di Gyeongdong Market. Dibangun di atas lahan seluas 300.000 meter persegi, pasar ini setidaknya memiliki lebih dari 1.000 toko bahan makanan. Sebagian besar toko menjual obat-obatan herbal dan ginseng yang menjadi salah satu bahan dasar masakan.

“Gyeongdong Market adalah tempat terbaik untuk membeli berbagai bahan musiman, terutama sayuran dan tumbuhan lokal. Saya selalu pergi dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan tanaman musim semi yang dikenal sebagai ‘namui’. Selain itu, ada lebih dari 40 jenis ramuan dari tanaman liar yang dapat dijumpai di pasar ini,” jelas Kang.

Queen Victoria Market, Australia
Gordon Tambimuttu adalah salah satu veteran di industri kuliner Australia dan telah menjabat sebagai executive chef di salah satu hotel bintang 5 selama 18 tahun. Gordon mengaku kerap mengunjungi Queen Victoria Market untuk mendapatkan bahan masakan berkualitas dan segar.

“Tempat ini sangat luas, komprehensi dan melayani koki rumahan serta koki berpengalaman dengan sangat ramah. Di tempat ini Anda dapat membeli berbagai produk segar hingga camilan paling populer di Melbourne yakni, bratwurst, donat, dan makanan laut lainnya. Salah satu produk favorit saya adalah keju kambing yang diproduksi secara tradisional dan segar,” tuturnya.

Yeliseyevsky, Moscow
Pasar yang terletak di kawasan Moscow, Rusia, ini menyuguhkan berbagai produk import berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Para pengunjung dapat membeli seafood, daging sapi, hingga keju yang diimpor dari Georgoa dan Siberia. Selain menjual bahan-bahan masakan, Yeliseyevsky juga memiliki beberapa gerai toko yang menjajakan wine dan minuman alokohol berkualitas premium.

Editor : Refiqa

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017