8 Tips Kontrol Gula Darah dan Cegah Diabetes

0

Onesulsel.id — Penyakit Diabetes diketahui masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia dengan persentase sebesar 6,7 persen, setelah stroke (21,1%), dan penyakit jantung koroner (12,9%). Berdasarkan data International Diabetes Federation pada 2015, jumlah estimasi penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan 10 juta. 

Diabetes umumnya ditandai dengan kadar gula darah tinggi atau di atas normal. Kadar gula darah normal pada tubuh, yakni sebelum makan antara 70-130 mg/dL. Dua jam setelah makan, kurang dari 180 mg/dL. Setelah tidak makan atau berpuasa selama setidaknya delapan jam kurang dari 100 mg/dL. 


Dilansir dari Indian Express, Dr S K Wangnoo, konsultan senior endrokrinologi Rumah Sakit Indraprastha Apollo, New Delhi memberikan bocoran akan delapan langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut : 

1. Cek sejarah diabetes keluarga

Apakah ada anggota keluarga yang terkena diabetes atau lingkungan yang menjadi pemicu penyakit ini, termasuk sejarah obesitas? Diabetes tipe 2 erat kaitannya dengan sejarah penyakit keluarga dibanding tipe 1. Oleh karenanya, dengan diagnosis yang tepat dan sejak dini, akan membuat tubuh lebih bisa dijaga. 

2. Ubah kebiasaan jelek

Kebiasan-kebiasan jelek seperti konsumsi makanan cepat saji atau makanan tak sehat ada baiknya dihindari karena berisiko diabetes. Begitu juga kebiasaan duduk lama yang turut jadi penyebab. Dengan mengubah gaya hidup tak sehat dan bergerak lebih banyak akan mencegah diabetes tipe 2. 

3. Obesitas 

Berat badan berlebih memberi kemungkinan lebih besar terkena diabetes. Seperti anjuran dokter, cobalah memiliki berat badan ideal, dengan Body Mass Index (BMI) kurang dari 22,9 kg/meter (untuk tinggi 175cm, berat 70kg), dan lingkar pinggang kurang dari 90 cm bagi pria, dan 80 cm bagi perempuan. 

4. Kebiasaan makan dan diet seimbang

Ini termasuk makan di waktu yang tepat, agar seimbang karbohidrat, lemak dan protein. Jangan biarkan perut kosong terlalu lama tanpa ada asupan makanan penting. Sebuah studi kesehatan menunjukkan bahwa orang yang kerap melewatkan sarapan berisiko kena diabetes. 

5. Olahraga teratur

Dengan jalan santai atau yoga, biasakan tubuh berolahraga setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari. Kebiasaan baik ini akan memberi kontribusi positif dalam mencegah diabetes. 

6. Tidur cukup 

Tak hanya makanan dan olahraga, tapi istirahat yang cukup juga tak kalah pentingnya. Tidur selama 7-8 jam sehari adalah keharusan dalam membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Tidur larut malam dan atau jelang pagi juga berisiko kena diabetes dan hipertensi. 

7. Atasi stres

Beban pikiran berlebih atau stres bisa jadi pemicu berbagai penyakit, termasuk diabetes. Dengan kelebihan beban pekerjaan dan kurang rekreasi membuat tubuh berisiko kena diabetes. 

8. Rutin cek kesehatan

Mencegah lebih baik dari mengobati, oleh karenanya dianjurkan untuk monitoring kadar gula darah rutin. Cek kesehatan rutin ke dokter menjadi keharusan.

Editor : Refiqa

Baca Juga  Polemik Peralihan Rumah Sakit Khusus Mata di KTI, Sejumlah Pejabat Struktural BKMM Terkena Mutasi, Pengurusan RS Kembali Mulai Dari Awal
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017