AS dan China Ditengah Perang Dagang, Indonesia Punya Peluang!

0

Onesulsel.id, Makassar — Perang dagang yang melibatkan Amerika Serikat dan China dinilai menjadi pintu masuk bagi para pelaku usaha Indonesia tak terkecuali di Sulsel.

Menurut Yayat Cadarajat selalu Asisten Direktur Divisi Advisory dan Ekonomi Keuangan BI Sulsel, perang dagang tersebut memberi ruang bagi negara lain termasuk Indonesia untuk merambah pasar Amerika Serikat yang selama ini di kuasai China.


Sebelumnya diberitakan, saat ini sekitar 143 perusahaan di bawah naungan China di masukkan dalam daftar hitam perdagangan Amerika Serikat. Akibatnya, perusahaan dalam daftar hitam harus mengajukan lisensi BIS sebelum mengekspor.

“Sebenarnya ini peluang bagi pelaku usaha kita”. Pungkasnya dalam kegiatan Pelatihan Wartawan dan Media Gathering yang di gelar Bank Indonesia jumat (05/07/2019).

Lebih lanjut menurut Yayat, pelaku usaha harus memanfaatkan terutama hasil alam di Indonesia yang kemudian dikemas untuk mampu memasuki ruang dagang Amerika Serikat.

“Misalnya di Sulsel yang terkenal hasil lautnya, ini yang bisa di manfaatkan. Selama ini pasar dagang AS di kuasa China. Bagaimana kemudian orang Indonesia memanfaatkan kondisi ini”. Lanjutnya.

Penulis : Hikmah Ahyuddin

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017