Banggar Rumuskan Anggaran Pilgub Sulsel Dipotong

0

Onesulsel.id, Makassar — Pemerintah Provinsi dan DPRD Sulawesi Selatan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel sebelumnya menandatangani naskah perjanjian hibah daerah untuk pemilihan gubernur tahun 2018. Dalam perjanjian tersebut, disepakati alokasi anggaran sebesar Rp. 456 miliar.

Nilai tersebut meningkat dibandingkan anggaran Pilgub Sulsel tahun 2013, senilai Rp. 318 miliar. Adapun Rp. 456 miliar merupakan angka final usai diverifikasi oleh Inspektorat tingkat provinsi.


Anggaran pilgub akan digunakan untuk membiayai seluruh tahapan dan diperkirakan cukup untuk pilkada dengan maksimal tujuh pasangan calon gubernur.

Baca Juga  Tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, SADAP Disambut Pasukan Adat Kerajaan Gowa

Usai rapat pembahasan di DPRD Sulsel Senin 19 Maret 2018, Ketua Banggar DPRD Sulsel Fachruddin Rangga memberi sinyal jika Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan merumuskan pemotongan anggaran Pemilihan Gubernur Sulsel senilai Rp. 50 miliar.

Jika pada tahun lalu Pemerintah Provinsi menganggarkan dana lewat Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada KPU Sulsel senilai Rp456 miliar lebih. Maka Ketua Banggar DPRD Sulsel Fachruddin Rangga menilai perlu ada rasionalisasi berdasarkan jumlah peserta Pilgub yang hanya empat pasang kandidat.

Adapun dana yang dianggarkan sebelumnya dihitung berdasarkan kebutuhan dengan enam pasang kandidat. Menurut Fachruddin, rasionalisasi anggaran memungkinkan tanpa mengganggu aktivitas penyelenggara pemilu.

Baca Juga  Pemeran Otomotif Bergengsi GIIAS Resmi Dihelat Di Makassar

“Ada biaya yang memang tidak bisa dilakukan pemotongan, seperti honor petugas. Tapi yang dirasionalisasi itu sederhana hitungannya. Ada yang bergantung pada satuan pasangan calon,” ujar Fachruddin.

Berkurangnya kandidat berarti jumlah unit yang dibiayai juga berkurang. Kemungkinan rasionalisasi, menurut dia, juga telah tertuang sebagai salah satu klausul dalam NPHD antara Pemprov dengan KPU Sulsel.

Rapat pembahasan di DPRD Sulsel dihadiri unsur Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta Inspektorat Provinsi Sulsel.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017