BeliMobilGue Startup Yang Janjikan Bisa Jual Mobil Bekas dalam Waktu Satu Jam

0

Onesulsel.id — BeliMobilGue merupakan platform e-commerce yang mengusung konsep consumer-to-business (C2B) untuk mobil bekas. BeliMobilGue hadir untuk mengubah kebiasaan lama masyarakat dalam menjual mobil bekas secara online yang masih terlalu ribet dan cukup memakan waktu. Dimana pengguna harus mengambil gambar mobil, mengunggah foto dan memasang iklan di beberapa situs, hingga meladeni sejumlah pertanyaan dari calon pembeli.

Menurut VP Acquisition BeliMobilGue, Alexander Alvin, hanya ada tiga tahap yang harus dilalui pengguna ketika ingin menjual mobilnya lewat platform mereka. Pertama pengguna membuka situs BeliMobilGue untuk mengetahui perkiraan harga mobil, kemudian membawa mobil ke tempat inspeksi yang tersebar di tujuh belas lokasi sekitar Jadetabek dan terakhir mendapatkan penawaran harga dari BeliMobilGue.


Alex mengklaim dari proses inspeksi pemeriksaan mobil hingga penawaran harga, hanya memakan waktu selama satu jam. Jika setuju dengan penawaran harga, maka dana akan langsung ditransfer ke rekening penjual mobil.

BeliMobilGue bisa memberikan tawaran harga dalam waktu singkat. Hal itu karena mereka langsung menjual mobil tersebut ke perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra mereka. Alex menekankan bahwa pihaknya tak memungut biaya apa pun terkait layanan mereka, baik kepada perusahaan rekanan maupun penjual mobil.


Menurut Alex, konsep C2B ini juga yang membedakan mereka dengan platform jual beli mobil lain. “Nanti selesai inspeksi, akan masuk berbagai penawaran harga dari perusahaan rekanan. Kami akan berikan penawaran tertinggi pada penjual,” jelasnya.

Secara sepintas, apa yang dilakukan BeliMobilGue hampir serupa dengan OLX melalui fitur Jual Instan miliknya. Startup asal Malaysia Carsome juga bisa menawarkan mobil yang kamu jual kepada para pemilik dealer mobil dengan sistem lelang.

Alex mengaku bahwa BeliMobilGue belum melakukan melakukan monetisasi, karena masih ingin fokus memperkenalkan platform mereka ke masyarakat, melakukan ekspansi, dan meningkatkan pelayanan. Meski begitu, pihak BeliMobilGue telah memiliki rencana monetisasi yang cukup banyak di masa depan.

Semenjak resmi beroperasi, Alex mengungkapkan BeliMobilGue sudah melayani penjualan ratusan mobil per bulannya. Dari jumlah tersebut, mobil yang dijual ke BeliMobilGue datang dengan berbagai kondisi berbeda.

Salah satunya terkait dengan surat-surat kendaraan. Alex mengatakan pihaknya masih bisa melayani jika hanya STNK yang hilang. Namun jika tak ada BKPB, maka BeliMobilGue tidak bisa membelinya.

“Kalau masih di pihak leasing, kami masih bisa menerimanya. Hanya perlu dilengkapi beberapa dokumen seperti kontrak dari leasing, riwayat pembayaran, dan fotokopi BKPB yang dilegalisir.” Ujar Alexander Alvin.

Menurutnya faktor kelengkapan surat hingga ketersediaan kunci cadangan akan memengaruhi harga yang ditawarkan pada penjual. Begitu juga dengan kondisi kendaraan, apakah mobil itu pernah mengalami tabrakan atau terendam banjir.

Namun Alex memastikan penjual tak perlu repot memikirkan bagaimana mengurus surat atau harus membetulkan mobil ketika ingin menjual di BeliMobilGue. Pihaknya mengedepankan transparansi, sehingga perusahaan rekanan mereka juga sudah mengetahui kondisi mobil yang akan dibelinya.

“Karena kebutuhan corporate kan macam-macam. Ada yang untuk operasional, ada yang untuk dijual lagi. Tapi yang pasti rekanan kami adalah yang berbadan usaha, tidak sembarangan,” tuturnya.

Untuk tahun maksimal usia mobil yang bisa dijual, Alex tak memberikan jawaban pasti. Namun pihaknya pernah melakukan pengecekan pada mobil keluaran tahun 1974 atau 1976, dan sempat melakukan transaksi untuk mobil keluaran tahun 1980.

Adapun saat ini BeliMobilGue sudah mendapatkan pendanaan dari sekelompok investor. Namun siapa investor tersebut dan berapa jumlahnya, mereka masih enggan menyebutkan.

Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Nasional, Corona 26 Maret 2020 : 893 Kasus, 78 Meninggal, 35 Sembuh
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017