Beri Pengetahuan Bahaya Sampah Plastik, BKIPM Makassar Gelar Pelatihan Identifikasi Mikroplastik

0

Onesulsel.id, Makassar — Untuk memberikan informasi dan membangun kesadaran, Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar menggelar kegiatan Pelatihan Identifikasi mikroplastik, Minggu (17/12/2017).

Berdasarkan penelitian terbaru antara Universitas Hasanuddin dan University of California Davis di tahun 2014 dan 2015 menemukan cemaran plastik mikro di saluran pencernaan ikan dan kerang yang dijual di tempat pelelangan ikan terbesar di Makassar Sulawesi Selatan.


Selain bersifat karsinogenik, mikroplastik berbentuk fragmen berbahaya karena merusak pencernaan. Temuan mikroplastik pada pasar ikan di Makassar menunjukkan tingginya pencemaran plastik di laut.

Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah, mengatakan bahwa Indonesia merupakan penghasil sampah plastik nomor dua terbesar di dunia setelah China, dan Makassar merupakan berpotensi menjadi salah satu lokus dari arus yang membawa sampah plastik di Indonesia.


“Posisi Makassar sebagai pintu ekspor di wilayah timur Indonesia sangat strategis sehingga isu mikroplastik menjadi penting untuk didiskusikan mengingat produk perikanan yang diekspor bukan tidak mungkin akan terkontaminasi oleh partikel mikroplastik yang berbahaya jika kita tidak memiliki kesadaran bersama untuk mengurangi resiko tersebut,”ujarnya.

Penulis : Imran
Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Ikuti Standar Kesehatan WHO, Kampus UMI Makassar Lakukan Penyemprotan Desifektan Ke Seluruh Fakultasnya
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017