BI Target Inflasi 3,5% di 2018, Ini Upaya yang Dilakukan

0

Onesulsel.id, Makassar — Bank Indonesia (BI) menargetkan Inflasi 2018 dibulan Februari mengalami penurunan, Rabu (7/2/2018).

BI mencatat, target yang akan di raih yakni inflasi sebesar 3,5% setelah sebelumnya pada data bulan Januari 2018 tercatat 0,81% yang berarti bahwa tekanan inflasi Sulsel menurun dibandingkan Desember 2017 lalu yang mencapai 1,04%.


Untuk mewujudkan penurunan Inflasi, beberapa langka dilakukan dalam upaya pengendalian inflasi seperti kerjasama dengan pihak BMKG untuk menentukan pola tanam dan panen komoditas atau penyumbang inflasi terutama Bandeng melalui pemanfaatan cuaca atau iklim dari BMKG, mendorong peran PD Pasar dalam menjaga ketersediaan pasokan melalui kerjasama jaringan pasar, rapat koordinasi yang intensif dan Nonki pengendalian inflasi dengan Pemkot Makassar yang rutin serta mendorong adanya pasar penyeimbang untuk komoditi tertentu dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga.

Baca Juga  Usung Tema The Great Spenduti Reunion, IKA SMPN 23 Makassar Gelar Reuni Akbar Perdana

Sejalan dengan adanya langkah yang diambil untuk menjaga stabilitas inflasi, Amanlison Sembiring selaku Direktur BI Sulsel menjelaskan bahwa beberapa upaya yang disebutkan merupakan upaya yang penting dalam menangani permasalahan inflasi.

“Kita membutuhkan berbagai upaya untuk menekan inflasi, olehnya itu berbagai upaya dilakukan seperti bekerjasama dengan BMKG karena pengetahuan terhadap iklim sangat penting, mengoptimalkan peran pasar, kordinasi dengan pihak pemerintahan serta mendorong adanya pasar penyeimbang untuk mengantisipasi kelangkaan pasokan komuditi yang akhirnya menyebabkan inflasi” jelasnya.

Penulis : Hikma Ahyudin
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017