Cara Unik Mengabdi Ala Mahasiswa Unhas

0

Onesulsel.id, Makassar — Berawal dari kepedulian terhadap masyarakat dan melihat masih banyaknya daerah-daerah yang masih memerlukan perhatian pemerintah khususnya di bidang kesehatan, Mahasiswa Universitas Hasanuddin melakukan pengabdian di Pulau Pandangan Kab. Pangkep.

Mahasiswa Universitas Hasanuddin tersebut melakukan pengabdian dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa yang telah mendapatkan pendanaan oleh Kemenristek Dikti. 


PKM yang diketuai oleh salah satu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unhas yakni Febriansyah Muh. Ashar dan teman-temannya Ansyari Muis, Junaidy Tahir, Amanda Christy B.S., dan Andhika Putra melaksanakan program tersebut ddibawah bimbingan dari Dr. dr. Rina Masadah SpPA(K), MPhil, DFM.

PKM ini menunjukan bahwa masih banyak daerah-daerah yang masih memerlukan perhatian dari pemerintah dan butuh bantuan serta dukungan dari orang lain.

“Pulau tersebut memilki masalah mengenai informasi yang sulit untuk diakses dan tempat yang bisa dikatakan cukup sulit untuk dijangkau karena perjalanan menuju ke pulau pandangan dari Pangkep dengan menggunakan perahu kecil memerlukan waktu sekitar 5-7 jam perjalanan. Dari masalah tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki oleh pelajar disana, hal ini menyebabkan rendahnya pengetahuan khusunya mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang sejatinya sangat penting untuk di ketahui oleh masyarakat. “Sebut Febry sebagai ketua Tim
dalam kunjungan ke Pulau Pandangan, mahasiswa tersebut melakukan Program ABCD (Ayo Baca Cerita Dongeng) di SDN 22 Pulau Pandangan dalam upaya untuk membentuk karakter pelajar yang paham mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Kami membuat sebuah Cerita Dongeng dengan Karakter yang original buatan kami sendiri yang dimana berisi tentang cara Peduli Hidup Bersih dan Sehat yang di bawakan secara menarik dan mudah untuk dipahami agar anak- anak disana dapat tertarik dan paham mengani PHBS itu sendiri. Cara mengajar yang baik adalah dengan hal yang disukai oleh karena itu kami membuatnya dalam bentuk dongeng agar di sukai oleh anak-anak disana.” Lanjutnya.

“Alasan pengabdian ini dilakukan terhadap anak-anak adalah demi memperbaiki generasi kedepannya, dengan mengajarkan anak-anak dari sekarang sehingga kedepannya mereka juga akan mengajari generasi berikutnya. “Katanya.

Hasil progranm ini kabarnya akan disampaikan di depan perwakilan Kemenristek Dikti Juli mendatang.

Penulis : Ansyari Muis

Baca Juga  Antusias Alumni, Semarakkan 1 Dekade Ika Smansa Pangkep 2009
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017