Digital Marketing Jadi Pilihan Happy Go lucky House Saat Pandemic Covid19

0

Tahun 2020 dunia telah dihebohkan dengan virus jenis terbaru yaitu Coronavirus Disease atau lebih sering disebut Covid-19. Kasus virus ini awal mulanya ditemukan dari negara China pada Desember 2019 lebih tepatnya di Kota Wuhan kemudian menyebar dengan cepat keseluruh penjuru dunia. Beberapa negara telah melakukan berbagai kebijakan, seperti himbauan untuk melakukan sosial distancing bahkan melakukan lockdown sebagai bentuk untuk dapat menghambat penyebaran virus ini.Virus ini dapat menyebabkan penyakit pernapasan (seperti flu) dengan gejala batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Dengan adanya virus ini tentunya berpengaruh kepada aktivitas manusia seperti bekerja, mencari nafkah seperti berjualan bahkan anak sekolahan dan kuliah pun merasakan akibatnya.

Fenomena yang mendunia ini turut dirasakan di Indonesia dengan adanya efeknya adalah semua kegitan yang awalnya berjalan dengan normal sekarang semuanya harus dilakukan dari rumah. Tetapi tidak semua orang dapat melakukan ini, masih banyak orang yang terpaksa harus bekerja diluar rumah demi melancarkan kehidupannya. Banyak juga yang kehilangan pekerjaan sebagai mata pencaharian mereka. Semua orang sangat ingin kembali beraktivitas normal dan virus ini benar benar hilang. Tentu dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah, tenaga medis, dan juga masyarakat.


Ternyata virus covid 19 ini juga memberikan dampak yang cukup buruk terhadap perekonomian di dunia termasuk Indonesia yang  mengganggu pertumbuhan dan perkembangan berbagai bisnis saat ini. Banyak pengusaha di bidang bisnis merasakan dan mengalami kerugian yang signifikan. Terlebih mengingat kembali jika sekarang sudah hampir memasuki bulan suci Ramadhan, biasanya konsumen banyak memiliki permintaan kepada produsen

Dengan adanya anjuran dari pemerintah untuk #dirumahaja atau #stayathome yang diringi dengan kebijakan work from home, membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Karena hal ini, akses untuk penggunaan internet termasuk media sosial akan meningkat. Untuk menghadapi semua ini, pembisnis harus dapat berfikir mencari solusi untuk dapat memasarkan produk mereka kepada konsumen, sebagai strategi brand bertahan ditengah pandemi virus covid19. Para pelaku bisnis harus dapat mengoptimalkan pemasaran online dengan memanfaatkan digital marketing sebagai sarana komunikasi untuk dapat tetap memasarkan produknya kepada konsumen.

Membatasi berinteraksi di ruang terbuka, masyarakat akan mencari cara alternatif untuk bisa memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah. Belanja online menjadi pilihan, terbukti dengan transaksi e-commerce di Indonesia yang terus meningkat. Ada baiknya jika para pelaku bisnis lebih fokus kepada strategi penjualan online. Setidaknya cara ini bisa menyelamatkan para pelaku bisnis dari kerugian akibat turunnya penjualan toko offline. Memanfaatkan platform yang tersedia seperti website untuk menjual produk, kemudian Instagram sebagai sosial media , atau memanfaatkan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Zalora dan lainnya.

Setelah mendapatkan himbauan untuk melakukan #stayathome dan #workfromhome , pelaku bisnis pun mengajak pelanggan setianya untuk melakukan #shopfromhome yaitu berbelanja dari rumah. Tagline seperti ini sudah ramai disosial media khususnya Instagram, kemudian pelanggan bisa melakukan transaksi pembayaran dengan melalui m-banking atau aplikasi untuk membayar lainnya. #Shopfromhome merupakan konsep berbelanja dari rumah dengan memesan barang melalui applikasi ecommers atau sosial media yang informasi atau iklannya bisa kita dapatkan di televisi atau sosial media anda sendiri.

Salah satu brand lokal yang fokusnya ke bisnis fashion khusus perempuan di Kota Bandung adalah Happy Go Lucky House (Hgl House) . Hgl House adalah satu pelopor store yang berkonsep suasana rumahan di Indonesia (consept store). Sebuah concept store memiliki pendekatan yang unik dalam menarik konsumen dengan berfokus pada high fashion,urban fashion, atau indie fashion brand dan memiliki segmentasi pada kalangan muda atau generasi millenial.. Hgl House menawarkan berbagai produk fashion dengan style yang unik dan ekskulif dan memiliki kualitas terbaik. Produk yang ditawarkan oleh Hgl House ini adalah fashion items khusus bagi perempuan berupa pakaian, bawahan, sepatu, tas dan aksesoris lainnya. Hgl House telah menerapkan WFH atau #workfromhome semenjak himbauan dari pemerintah pada bulan Maret hingga waktu yang telah ditentukan.

Tentunya untuk tetap melakukan pekerjaan dari rumah, Hgl House menerapkan sistem untuk para pekerjanya, agar dapat membantu mengontrol pekerjaan yang mereka lakukan, Hgl House memanfaatkan aplikasi yang bernama Trello. Trello ini digunakan untuk mengatur jadwal setiap pekerjaan para pekerja. Jadi, mereka bisa menuliskan list pekerjaan apa saja yang mereka lalukan pada hari itu, kemudian rekan kerja yang lainnya pun dapat melihat dan bisa berinteraksi melalui kolom komentar yang tersedia. Kemudian tetap menggunakan media chatting seperti WhatsApp untuk tetap menjaga komunikasi para pekerja.

Himbauan dan anjuran untuk menghindari pusat keramaian (yang melibatkan banyak orang) memang sudah diterapkan oleh store Happy Go Lucky House yang mengajak pelanggan untuk berbelanja online melalui website, Instagram, maupun Whatsapp. Tujuannya adalah untuk mengurangi penyebaran virus corona yang semakin meluas. Para pekerja di Hgl House pun memiliki jadwal untuk datang ke store atau kantor secara bergiliran, hal ini lebih bertujuannya untuk mengurangi kontak fisik dengan banyak orang juga. Mereka yang datang ke kantor dan store adalah untuk mengecek stock barang, dan melakukan packing barang yang akan di teruskan ke jasa pengantar seperti Gosend, JNE, TIKI dan lainnya.

Karena Happy Go Lucky House mempunyai store Offline di Jl. Ciliwung No.14, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, dan disaat seperti ini tidak memungkin untuk berjualan offline, maka pelaku bisnis di Hgl House memiliki solusi yang tepat dan efektif yaitu dengan melakukan Digital Marketing. Melalui digital marketing, Hgl House masih bisa mempromosikan bisnis fashion mereka tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen. Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat elektronik. Digital marketing akan membantu kita untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen tepat waktu, pribadi, dan relevan. Karena semua proses yang dilakukan bisa diukur dan ditarget sesuai dengan target audiens. Dengan hal ini Hgl House memanfaatkan Website www.hglhouse.com , Instagram @hglhouse  dan Tokopedia sebagai platform yang digunakan untuk memasarkan produknya.

Instagram @hgl House

Website dan Tokopedia HglHouse

Berdasarkam gambar diatas menunjukan jika Hgl House telah memanfaatkan teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia saat ini. Kemudian para pelaku bisnis di Hgl House juga memberlakukan program promosi. Ada beberapa jenis promosi yang ditawarkan oleh Hgl House seperti potongan harga 15% untuk semua item dan bebas ongkir tanpa minimum pembelian. Cara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menghadapi pandemi virus corona dikarenakan dengan cara memberikan promosi untuk menstimulasi penjualan, agar konsumen tetap tertarik untuk berbelanja. Hgl House telah memanfaatkan digital marketing sebelum adanya covid19, tetapi saat ini mereka lebih fokus dalam pemanfaatan sosial media dan berbelanja memalui website atau e-commerce sebagai saluran untuk customer melakukan #shopfromhome.

Setelah memanfaat digital marketing, Hgl House juga tetap melakukan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial seperti Instagram. Memanfaat fitur tanya jawab, kemudian memberikan pertanyaan, produk apa yang pelanggan ingin tahu kemudian bagaimana review dan produk tersebut. Generasi milenial sangat dekat dengan sosial media, segala aktivitas pun bisa mereka rekam di sosial media. Maka dari itu sosial media adalah tempat yang tepat untuk Hgl House bisa lebih dekat dengan generasi milenial. Tak hanya mempromosikan tentang produknya, Hgl House pun memberikan Tips yang bisa hal apa saja yang bisa kita lakukan selama masa sosial distancing . Hal ini dilakukan jika Hgl House pun turut berpartisipasi dalam hal mencegah penyebaran virus corona ini. Dibawah ini merupakan contoh Hgl House memberikan tips kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan selama melakukan pekerjaan dari rumah.

Semua yang dilakukan oleh pelaku bisnis di Hgl House adalah sebagai bentuk cara untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti himbauan pemerintah agar melakukan sosial distancing, kemudian melakukan pekerjaan dari rumah dan tetap dapat membeli kebutuhannya dengan cara yang mudah dan aman.. Tidak hanya memikirkan keuntungan dari bisnis, Hgl house pun tetap memperhatikan kesehatan para pekerja dan konsumennya. Dengan adanya kerja sama yang baik, antara pemerintah, tenaga medis dan semua lapisan masyarakat termasuk pelaku bisnis di Indonesia dalam mengambat proses penyebaran virus corona ini diharapkan agar pandemic virus covid19 ini dapat berakhir dengan cepat. Kemudian kita semua dapat beraktivitas kembali dengan normal.

Penulis :
Febriyanti Claudia
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017