DJPT dan BKIPM Target Realisasi TPI Higienis di Sulsel

0

Onesulsel.id, Makassar — Berangkat dari rencana Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) membangun 60 TPI higienis di seluruh Indonesia guna Meningkatkan mutu dan kelayakan ekspor, DJPT dan BKIPM adakan Rakor untuk memantapkan realisasi TPI higienis. Sabtu (24/3/2018).

TPI higienis merupakan tempat pemasaran ikan modern yang dirancang sebagai pusat perdagangan hasil perikanan dengan standar mutu produk sesuai dengan syarat kesehatan, higienitas bahan pangan serta syarat sanitasi lingkungan. Bagi masyarakat di negara maju, TPI higienis bukan barang baru. Di Jepang misalnya, TAPI higienis terkenal dengan Tsukiji Fish Market.


Pembangunan TPI higienis merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Dengan lokasi dan peralatan yang higienis, harga ikan diharapkan akan meningkat. Pembangunan infrastruktur perikanan seperti TPI higienis ini harus memenuhi standar lokasi, lingkungan, bangunan dan fasilitas.

Guna merealisasikan hal tersebut, dilaksanakan rapat koordinasi Penerapan Prinsip-Prinsip Sanitasi dan Higienis di TPI dan Pelabuhan Perikanan antara Badan Karantina Ikan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap dan Inspektorat Jenderal KKP di kantor Pelabuhan Perikanan Untia.

BKIPM diwakili oleh Kabid Inspeksi dan Ketelusuran Pusat PM, Hendarni Mulyani dan Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah. Ditjen Perikanan Tangkap KKP diwakili oleh Kasubdit Pelabuhan Pendaratan Ikan, Didit Eko Setiawan. Adapun Inspektorat Jenderal KKP diwakili oleh Auditor Madya Inspektorat II, Lutfi.

Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah menuturkan bahwa kedepannya DJPT dan BKIPM akan bersinergi dalam merealisasikan pembangunan TPI higienis ini.

“Kedepannya DJPT dan BKIPM akan bersinergi dalam hal konsultasi tentang standarisasi TPI higienis termasuk pengendalian terhadap mutu dan keamanan hasil perikanan harus dipastikan pada semua rantai produksi sejak dari hulu sampai hilir,” tuturnya.

Penulis : Hikma Ahyudin
Editor : Muhammd Idris

Baca Juga  Usung Tema The Great Spenduti Reunion, IKA SMPN 23 Makassar Gelar Reuni Akbar Perdana
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017