Dua Nama Pahlawan Nasional Resmi Digunakan Sebagai Nama Jalan Di Makassar

0

Onesulsel.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar telah resmi mengeluarkan Peraturan Walikota tentang perubahan nama Jalan Landak Baru menjadi Jalan Andi Djemma. Begitupula Jalan Kakatua diubah menjadi Jalan Pajonga Daeng Ngalle.

Andi Djemma adalah pahlawan nasional, lahir di Palopo, Sulawesi Selatan, 15 Januari 1901 – meninggal di Makassar, 23 Februari 1965 pada umur 64 tahun. Andi Djemma adalah Raja (Datu) Luwu. Dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia tanggal 8 November 2002. Pajonga Daeng Ngalle lahir di Takalar, Sulawesi Selatan, 1901. Meninggal dunia di Takalar, Sulawesi Selatan, 23 Februari 1958. Adalah salah seorang pahlawan nasional Indonesia dan juga seorang Karaeng (kepala pemerintahan distrik) Polongbangkeng pada tahun 1934. (sumber wikipedia).


Perubahan nama jalan ini berdasarkan peraturan Wali Kota Makassar. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Makassar Umar, saat melakukan jumpa pers di Balai Kota Makassar, Selasa, 24/10/2017.

Lanjut Kepala Bagian Hukum Setda Kota Makassar Umar mengatakan kendati surat keputusan telah ditandatangani oleh Wali Kota, tetapi Pemkot Makassar butuh waktu 6 bulan untuk mensosialisasikan kedua nama jalan tersebut kepada masyarakat.
Untuk sosialisasi kepada masyarakat kita melibatkan pejabat lurah dan camat masing-masing bersama bagian pemerintahan, Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum.

Di antara nama jalan itu adalah Jalan Landak Baru diubah menjadi Andi Djemma dan Jalan Kakatua berubah menjadi Jalan Padjonga Dg Ngalle alias Karaeng Polombangkeng. Lantas, bagaimana dengan alamat pada identitas masyarakat yang terlanjur menggunakan alamat lama?
“Pak Wali sudah tandatangani SK nya. Hal ini merujuk pada keputusan DPRD pada tahun 2006. Walaupun begitu, SK nya tidak serta merta berlaku, kata Umar.

Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Platform Tokopedia Berhasil Turunkan Jumlah Pengangguran di Makassar
Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017