Go-Jek Dapat Dana Segar Rp 16 Triliun dari Raksasa Internet Google

0

Onesulsel.id — Go-Jek kembali mendapatkan suntikan dana segar dalam jumlah yang lebih besar dari investasi sebelumnya. Go-Jek dilaporkan mendapat tambahan modal dari raksasa internet Google bersama dengan Temasek perusahaan asal Singapura dan Meituan-Dianping dari China.

Kabarnya rencana pendanaan ini sudah dibuka sejak tahun lalu dan diproyeksikan akan rampung dalam beberapa pekan. Perusahaan penyedia transportasi berbasis aplikasi ini mengantongi dana segar senilai 1,2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 16 triliun.


Dengan pendanaan baru yang menyertakan Google tersebut, nilai valuasi Go-Jek saat ini disinyalir mencapai 4 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 53 triliun. Sedangkan Grab, rival berat Go-Jek, memiliki valuasi 6 miliar dollar AS.

Dengan pendanaan raksasa dari Google, Gojek akan memiliki ruang lebih dalam persaingan industri yang sama dengan Grab dan Uber. Pasalnya, untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk terbanyak menjadi pasar yang sangat potensial.

“Sebagai investor strategis, Google bisa menambah banyak bisnis Gojek,” ujar sumber yang dilansir Reuters.

Sekedar informasi tahun lalu, JD.com Inc menginvestasikan sekitar 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun di Go-Jek. Adapun, Tencent Holdings Ltd, media sosial Tiongkok dan perusahaan hiburan online pun mengucurkan dana hingga 150 juta dollar AS atau setara Rp 2 triliun.

Go-Jek muncul sebagai aplikasi transportasi online yang menghubungkan ojek motor dengan pelanggan. Sejalannya waktu, Go-Jek menyediakan layanan mobil dan taksi hingga pemesanan makanan online, saat ini juga sedang fokus mengembangkan bisnis mereka hingga ke alat pembayaran non tunai, GoPay.

Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017