Hasil Voting PBB mengembalikan Yerusalem Ke Pangkuan Palestina

0

Onesulsel.id — Menghadapi kisruh antara Palestina dan Israel yang semakin memanas setelah Trump mengakui bahwa Yerusalem milik Israel, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya melakukan voting dan meminta Amerika Serikat mencabut pengakuannya pada Jumat (22/12/2017).

Dikutip dari Anadolu, sebanyak 193 orang majelis umum PBB melakukan pemungutan suara atas resolusi yang menolak keputusan presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel pada 6 Desember lalu.


Sebelumnya, langkah Trump tersebut telah menuai kecaman dari berbagai belahan dunia terutama dari negara Arab dan Muslim. Bahkan beberapa sekutu AS pun menentang klaim sepihak yang dilakukan oleh presiden Trump ini.

Dari 193 anggota Majelis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), 128 diantaranya mendukung diadakannya resolusi tersebut, sementara 35 negara menolak resolusi ini. Beberapa negara yang menolak resolusi ini diantaranya Israel, Honduras, Togi. As, Palau, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru Dan Guatemala.

Sementara itu, hampir sepertiga negara yang mendukung resolusi dan membawa Yerusalem kembali ke pangkuan Palestina. Negara tersebut diantaranya adalah Jerman, Prancis, Italia, Belanda, Belgia, Porugal, Swiss, Swedia, Nurwegia, Spanyol dan Yunani. Berbeda halnya pada dewan keamanan PBB, kali Ini pada majelis umum, Amerika tidak memiliki hak veto.

Penulis: Hikma Ahyuddin
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017