Hati-hati ! menurut psikolog ini penyebab kekerasan pada anak beserta tips pencegahanya

0

Makassar, Masa anak-anak dan masa remaja merupakan masa keemasan yg dimiliki setiap anak, masa ini membentuk berbagai macam karakter anak, tidak hanya karakter positif tetetapi karakyer negatif pun bisa terbangun, misalnya agresifitas yang menyebabkan maraknya perkelahian pada anak.

Menurut salah satu Psikolog UNM, Widyaastuti pada senin (7/10/2017) hal yang paling mempengaruhi tumbuh kembang termasuk kebiasaan anak adalah lingkungan.


“Pada dasarnya anak menyerap segala informasi yang ada dilingkungannya dari berbagai sisi, misalnya saja kata kata kasar yang cenderung tabuh dikatakan. Jika seorang anak sering mendengar hal tersebut pada lingkungannya, maka kebiasaan ini akan menjadi sesuatu yang biasa dan sangat muda untuk dikatakan. Begitu pula dengan kekerasan, jika pada lingkungannya kekerasan sering dilakukan maka daya tiru anak terhadap hal tersebut sangat besar” tuturnya.

Widya menambahkan, jika kekerasan sudah sering dilakukan seorang anak, maka akan menyebabkan agresifitas sehingga kekerasan menjadi hal yang sangat biasa. Untuk itu, Widya memberikan tips agar anak terhindar dari kebiasan buruk berupa kekerasan.

“jadilah teman yang baik bagi anak anak kita, jangan biasakan melakukan hal hal yang berbau kekerasan dan akhirnya di contoh oleh anak kita. Terutama untuk orang tua, jadilah pengawal bagi anak kita dimana seorang anak bisa merasa nyaman dan dilindung namun tidak merasa tertekan sehingga anak anak kita bisa terbuka. Sarannya.
(Hikma Ahyuddin)

Baca Juga  Sosialisasi 4 Pilar di Unhas, Anggota DPD RI Lily Amelia Sampaikan Hal Ini !
Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017