Ingin Nongkrong / Ngopi Di Jalan Pengayoman Depan Pasar Segar? Ini Warkop yang Paling Rekomendasi

0

Onesulsel.id, Makassar — Jalan Pengayoman tidak hanya terdapat Perkantoran, Toko, Rumah Makan ataupun warung makan.

Namun, di sekitar jalan ini kalian bisa nongkrong seru bersama para sahabat ataupun rekan kerja.
Berbagai konsep interior kafe ataupun warkop ditawarkan.


Rekomendasi tempat tongkrongan Warung Kopi paling cocok diseputaran Pengayoman adalah Warkop Dottoro Jl. Pengayoman (Ruko Depan Pasar Segar/ deretan KFC).

Mencari kopi di Kota Daeng ini tentu saja tidak sulit karena Makassar sangat dekat dengan sentra penghasil kopi kelas dunia seperti di Toraja dan Kalosi.

Jika berkunjung ke daerah ini maka warung kopi (Warkop) Dottoro mungkin lebih cocok dengan ciri khas Makassar. Sebab, kata Dottoro sendiri adalah kata serapan bahasa Makassar yang diambil dari kata Dokter.

Namun, menggunakan istilah Dottoro, warung kopi yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an ini sama sekali tidak tersedia dengan dunia medis dan ilmu kedokteran.

Kata Dottoro adalah harapan dari sang pendiri yaitu H. Naba (Dg. Naba) agar para lelaki-lelaki yang jenuh dan berjemur dapat diobati dengan mengunjungi ke warkop miliknya.

“Nama Dottoro ini sebenarnya juga dikeluarkan dari Husain Abdullah, yang biasa disapa Uceng. Uceng sekarang adalah juru bicara Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), ”ujar H. Naba.

H. Naba pun menambahkan jika dia tidak menyangka jika warkop Dottoro Makassar akan menjadi terkenal seperti sekarang ini.

“Dulu, warkop ini saya beri nama Warkop 75. Lebih dari beberapa, tetangga hingga langganan saya menamai warkop di Dg. Naba,” tambahnya.

Namun seiring berkembangnya dunia warkop di Makassar, maka pada tahun 2003 H. Naba mencoba peruntukan dengan nama baru, jadilah nama Dottoro yang berarti dokternya kopi di Makassar.

H. Naba memulai karirnya sebagai peracik kopi pada usia 12 tahun, Dg. Naba sebagai tukang cuci gelas di warkop kepunyaan salah satu pamannya. Sang paman yang tidak memiliki anak akhirnya kehilangan pengetahuan tentang kopi yang ditolak.

Tercatat ada 20 cabang di Makassar dan 7 cabang di beberapa Kabupaten. Beberapa di antaranya ada yang dikelola oleh anak atau keluarga Dg. Naba. Para pengunjung warkop Dottoro pada umumnya terdiri dari berbagai kalangan, baik itu anak muda hingga ke orang tua, pengusaha maupun pejabat sekalipun.

Penulis : Ilham

Baca Juga  Royal Wedding Fair Upperhills Bertabur Diskon dan Doorprize Akan Dihelat, Catat!
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017