Ini 10 Masjid Terindah yang Menabjubkan di Dunia

0

Onesulsel.id — Masjid merupakan tempat suci yang juga tempat beribadah bagi umat Islam diseluruh dunia, tempat umat Muslim untuk berkumpul dan berdoa serta mendekatkan diri kepada sang Pencipta Allah SWT.

Negara-negara di seluruh dunia, manusia berlomba-lomba membuat Masjid dengan segala kemampuan design megah nan indah. Dilansir dari Wonderlist, berikut adalah 10 mesjid terindah yang menakjubkan dari berbagai negara di seluruh dunia :


1. Masjidilharam di Makkah, Arab Saudi.
Alquran mengatakan Masjidil Haram ini adalah rumah pertama yang dibangun untuk umat manusia untuk menyembah Allah. Masjid ini adalah masjid terbesar di dunia dan mengelilingi salah satu tempat tersuci Islam, Ka’bah.

Selain dikenal sebagai masjid terindah, Masjidil Haram memiliki luas 400.800 meter persegi (99,0 hektare), termasuk ruang salat outdoor dan indoor, yang dapat menampung hingga 4 juta orang selama periode haji, salah satu ibadah tahunan terbesar Muslim di dunia.

2. Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Masjid Al Nabawi, yang sering disebut Masjid Nabawi, adalah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad (SAW) yang berada di kota Madinah. Masjid ini adalah situs tersuci kedua dalam Islam (yang pertama adalah Masjid al-Haram di Mekah). Masjid kedua dibangun dalam sejarah dan sekarang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia setelah Masjidilharam.

Salah satu tempat terpenting masjid ini adalah Green Dome (pusat masjid), dimana makam Nabi Muhammad SAW berada. Pada 1279 M, sebuah kubah kayu dibangun di atas makam yang kemudian dibangun kembali dan direnovasi beberapa kali pada akhir abad ke 15 dan sekali pada tahun 1817. Kubah itu pertama kali dicat hijau pada tahun 1837, dan kemudian dikenal sebagai Green Dome.

3. Masjid Al Aqsa – Yerusalem, Palestina.
Masjid Al-Aqsha juga dikenal sebagai Al-Aqsa dan Baitul Maqdis, adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan sebuah tempat suci Islam yang terletak di Kota Tua Yerusalem.

Masjid itu sendiri berada di kawasan yang sama dengan Al-Haram ash-Sharif atau “Sacred Noble Sanctuary” (bersama dengan Dome of the Rock), sebuah situs yang juga dikenal sebagai Temple Mount sebagai situs tersuci dalam Yudaisme.

4. Masjid Hassan II – Maroko.
Grande Mosquée Hassan II, terletak di Casablanca, Maroko. Masjid tersebut adalah masjid terbesar di negara ini dan yang terbesar ke-7 di dunia. Menaranya menjadi yang tertinggi di dunia dengan ukuran 210 meter (689 kaki), yang selesai dibangun pada tahun 1993.

Menara ini tingginya 60 lantai dengan laser, cahaya yang diarahkan ke Makkah. Masjid berdiri di sebuah tanjung yang menghadap ke Samudra Atlantik. Dindingnya terbuat dari marmer buatan tangan dan atapnya bisa ditarik. Masjid Hassan II ini bia menampung hingga 105.000 jamaah dapat berkumpul untuk sholat, dengan pembagian 25.000 di dalam aula masjid dan 80.000 lainnya di halaman luar masjid.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin – Brunei.
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien adalah masjid yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Kesultanan Brunei. Masjid tersebut dianggap sebagai salah satu masjid terindah di Asia Pasifik dan merupakan landmark utama dan daya tarik wisata Brunei. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1958 dan merupakan contoh arsitektur Islam modern.

Masjid ini dibangun di sebuah laguna buatan di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer, “desa di dalam air”. Masjid ini memiliki menara marmer dan kubah emas dengan halaman, serta taman yang rimbun penuh air mancur. Masjid ini dikelilingi oleh sejumlah besar pohon dan taman bunga yang dalam Islam melambangkan surga. Masjid ini menyatukan arsitektur Mughal dan gaya Italia.

6. Masjid Zahir – Kedah, Malaysia.
Masjid Zahir merupakan salah satu masjid yang berada di jantung Alor Star, ibu kota negara bagian Kedah, Malaysia. Ini adalah salah satu masjid termegah dan tertua di Malaysia. Masjid ini dibangun pada tahun 1912, didanai oleh Tunku Mahmud, putra dari Sultan Tajuddin Mukarram Shah.

Arsitektur dari masjid terinspirasi oleh Masjid AZIZI di kota Langkat, Sumatera Utara, Indonesia. Masjid ini didirikan dengan lima kubah besar yang melambangkan lima prinsip utama Islam. Lomba membaca Quran di negara ini diadakan setiap tahun di dalam gedung masjid. Masjid ini terpilih sebagai 10 Masjid terindah di dunia.

7. Masjid Faisal Islamabad – Pakistan.
Masjid Faisal di Islamabad adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dan selatan, sekaligus jadi masjid terbesar keempat di dunia. Selain itu, juga sempat menjadi masjid terbesar di dunia tahun 1986-1993 sebelum dikalahkan dengan selesainya Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko dan setelah perluasan Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

8. Masjid Taj ul – Bhopal, India.
Taj-ul-Masajid secara harfiah berarti “Mahkota Masjid” yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini juga digunakan sebagai sekolah Islam pada siang hari. Di sisi lain juga jadi salah satu masjid terbesar di asia. Masjid ini memiliki fasad merah muda yang dihias oleh dua menara segi delapan 18 lantai atas dengan kubah marmer.

Masjid tersebut juga memiliki tiga kubah bulat besar, lorong utama yang mengesankan dengan pilar dan lantai marmer yang menarik yang menyerupai arsitektur Mughal seperti Masjid Jama di Delhi dan Masjid Badshahi yang besar di Lahore. Ini memiliki sebuah halaman dengan sebuah tangki besar di tengahnya. Pintu masjid memiliki gerbang berlantai dua dengan empat lengkungan tersembunyi dan sembilan bukaan multifold tercakup di aula sholat utama.

9. Masjid Badshahi Lahore – Pakistan.
Masjid Badshahi atau ‘Masjid Kerajaan’ di Lahore, yang ditugaskan oleh Kaisar Mughal keenam pada Aurangzeb pada tahun 1671 dan selesai pada tahun 1673, adalah masjid terbesar kedua di Pakistan dan Asia Selatan, sekaligus jadi masjid terbesar kelima di dunia. Keindahan, semangat dan keagungan era Mughal, itu adalah bagian sejarah Lahore yang paling terkenal dan menjadi objek wisata utama.

Masjid ini mampu menampung hingga 55.000 jamaah di aula shalat utama, sebanyak 95.000 lagi di halaman dan serambi, selain itu, tetap menjadi masjid terbesar di dunia dari tahun 1673 sampai 1986 (periode 313 tahun).

10. Masjid Sultan, Singapura.
Masjid Sultan, yang terletak di Jalan Muscat dan Jalan Jembatan Utara di Kampung Glam Rochor di Singapura masih dianggap sebagai salah satu masjid terpenting di Singapura.

Masjid Sultan pada dasarnya tetap tidak berubah sejak dibangun, hanya dengan perbaikan yang dilakukan ke aula utama pada tahun 1960 dan ditambah sebuah monumen pada tahun 1993. Monumen tersebut ditetapkan sebagai monumen nasional pada tanggal 14 Maret 1975.

Editor : Refiqa

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017