Ini 5 Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan

0

Onesulsel.id — Sayur Brokoli diketahui kaya akan vitamin dan mineral. Anda akan terbebas dari penyakit kronis dalam jangka panjang jika rutin makan sayuran ini.

Dilansir dari Timesofindia, pada Jumat (29/12/2017), berikut 5 manfaat makan brokoli bagi kesehatan :


1.Mencegah kanker
Brokoli mengandung khasiat yang menghabiskan estrogen yang biasanya menyebabkan kanker di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan rahim. Maka, wanita harus memperbanyak makan brokoli dan menghindari perilaku seks lainnya yang memicu penyakit mematikan tersebut.

2.Cegah kolesterol
Seperti banyak jenis sayuran lainnya, brokoli dikemas dengan serat larut yang mengeluarkan kolesterol dari tubuh Anda. Ini karena serat dalam brokoli membantu mengikat dengan asam empedu di saluran pencernaan. Hal ini membuat mengeluarkan kolesterol dari tubuh kita dengan mudah. Menurut sebuah penelitian oleh Institute of Food Research, varietas brokoli tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di darah hingga 6%.


3.Mengurangi reaksi alergi dan peradangan
Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki jumlah asam lemak omega 3 yang signifikan, yang dikenal sebagai antiinflamasi. Sayuran ini juga dapat membantu orang menderita radang sendi karena brokoli mengandung sulforaphane, zat kimia yang menghalangi enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi.

4.Menjaga sistem kekebalan tubuh
Brokoli mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan penyakit. Brokoli sangat terkonsentrasi dengan vitamin C, sehingga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Sayuran ini juga mengandung flavonoid yang membantu mendaur ulang vitamin C secara efisien. Hal ini juga diperkaya dengan karotenoid lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan-antioksidan lainnya.

5.Kesehatan tulang
Brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi, keduanya penting untuk mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain kandungan kalsium, brokoli juga mengandung nutrisi lain seperti magnesium, seng dan fosfor. Brokoli juga cocok dimakan untuk bayi, anak-anak, lanjut usia dan ibu menyusui.

Editor : Refiqa

Baca Juga  Ikuti Standar Kesehatan WHO, Kampus UMI Makassar Lakukan Penyemprotan Desifektan Ke Seluruh Fakultasnya
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017