Ini 7 Langkah Membuat Resolusi Tahun 2018

0

Onesulsel.id — Tanpa terasa, Tahun 2017 tidak lama lagi akan segera usai. Dalam menyambut Tahun 2018 rasanya tak lengkap tanpa diawali dengan membuat rencana untuk sebuah resolusi.

Hampir setiap orang memiliki beberapa daftar resolusi saat akan melangkah memasuki tahun baru. Entah resolusi sungguhan atau sekedar kata-kata “resolusi”.


Motivator ternama Indonesia, Andrie Wongso, mengatakan hampir 90 persen orang hanya mengikuti tren membuat resolusi saat pergantian tahun tiba.

“Mereka hanya corat-coret kertas menulis keinginan dan harapan tanpa menjiwai dengan serius menentukan target apa yang ingin dicapai. Sehingga banyak resolusi yang tidak masuk akal,” kata Andrie Wongso.

Berikut adalah 7 langkah dari Andrie Wongso yang dapat ditempuh untuk membuat resolusi yang lebih realistis :

1.Pikirkan apa yang berani Anda impikan
Buat impian, angan-angan, atau lamunan tentang sesuatu sebelum jadi nyata. Misalnya, “Saya ingin karier meningkat, dari supervisor menjadi manager.” Buat impian itu dengan barani, lalu tingkatkan performa dalam bekerja.

2.Inginkan apa yang berani Anda pikirkan
“Umpamanya, saya pemain bulu tangkis yang mimpi menjadi juara Indonesia. Ya boleh-boleh saja, itu namanya keinginan yang muncul lewat proses berpikir (motivasi). Jadi terpikir pula cara mewujudkannya. Selanjutnya, berani mamastikan target, berani memulai, dan berani melangkah sampai sukses,” katanya.

3.Buat keputusan dan rencanakan
“Masih mengambil contoh dari pemain bulu tangkis. Setelah punya keinginan, putuskan untuk mewujudkan. Buat rencana bagaiman cara mewujudkannya, misalnya dengan berlatih fisik dan stamina, kemudian berlatih skill yang baik.”

4.Action
Lakukan secara konsisten. Latihan secara rutin dan rawat apa yang sudah dimulai dan dilakukan. Latihan setiap hari.

5.Perjuangkan apa yang berani Anda lakukan
Dalam hal ini berarti ada timing-nya. Maka butuh fokus, tanggung jawab, dan integritas. Ini bagian dari karakter diri. Apakah orang itu bertanggung jawab, apakah dia fokus menjalani dan punya integritas yang baik untuk mewujudkan targetnya.

6.Lawan rintangan
“Dalam perjuangan tidak ada yang lancar. Di fase inilah ujiannya. Ketika mulai muncul halangan, maka sukseskan apa yang telah berani Anda perjuangkan. Suksesakan terus. Lawan rasa malas, jangan berputus asa, dan terus semangat. Miliki kekayaan mental yang positif, ulet dan determinasi.”

7.Nikmati sukses yang Anda lakukan
Setelah membuat resolusi yang terstruktur, maka nikmati setiap proses tadi. Kontrol semua proses yang dijalani.

Editor : Refiqa

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017