Ini Aktivitas Liburan yang Banyak Dilakukan Orang-orang Sukses

0

Onesulsel.id — Berlibur merupakan hal yang selalu dinantikan setiap orang. Sebagian orang menghabiskan waktu liburnya dengan berjalan-jalan dan mengistirahatkan pikiran dari penatnya rutinitas pekerjaan.

Berikut adalah tips dari Lynn Taylor seorang penasehat karier profesional yang mengemukakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang sukses selama liburan :


1. Membuat perencanaan.
Taylor mengatakan bahwa orang-orang sukses membuat perencanaan matang liburannya. Mereka menyadari bahwa hari libur adalah kesempatan langka untuk menikmati waktu luang dengan baik.

“Sekalipun rencana yang mereka buat ternyata tak bisa dijalankan, mereka bisa menggantinya dengan aktivitas bersama keluarga atau teman,” ucapnya.


2. Membagi waktu dengan baik.
Jangan merusak liburan Anda dengan bekerja terlalu keras. Jika Anda perlu menyelesaikan pekerjaan, ada cara untuk menanganinya tanpa harus menyita sisa liburan Anda, misalnya menetapkan saat sesudah makan siang untuk menyelesaikannya. Disiplin pada jadwal tersebut agar waktu liburan Anda tidak rusak seharian.

3. Menetapkan batasan.
Terkadang, Anda hanya perlu mengatakan “tidak” pada hal-hal tertentu selama liburan. Bergantung pada jabatan dan keleluasaan Anda di posisi tersebut, Anda mungkin kadang-kadang harus mengatakan ‘tidak’ meski diucapkan secara diplomatis saat diminta melakukan hal-hal yang bisa dilakukan nanti. Taylor mengatakan bahwa profesional yang sukses membiarkan orang lain tahu kapan dan bagaimana mereka bisa diminta kembali untuk membicarakan pekerjaan. Ini bertujuan agar mereka benar-benar bisa mengisi energinya yang terkuras oleh rutinitas kerja.

4.Terorganisir sebelum berlibur.
Akan sulit untuk bersantai jika Anda meninggalkan pekerjaan Anda dalam keadaan berantakan. Taylor menyarankan agar kita menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan atau proyek agar tidak berantakan dan menambah beban saat kembali bekerja.

5. Menugaskan seseorang.
“Anda mungkin tidak memiliki kemewahan untuk menyerahkan tugas Anda kepada staf secara keseluruhan, namun, profesional cerdas setidaknya akan memiliki kontak yang bisa menghubungi mereka dalam keadaan darurat,” kata Taylor.

6. Menjauhkan diri dari gadget.
Menurut Taylor, orang-orang sukses mencoba melepaskan diri dari ponsel mereka. Ini akan membantu masa liburan bisa dinikmati dengan bersantai bersama orang terkasih.

7. Mengunjungi keluarga dan teman.
Tidak ada tempat selain rumah untuk liburan. Mungkin kesempatan yang lalu Anda tidak memiliki waktu berkumpul dengan orang tersayang. Tapi, ini adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga dan teman Anda. Dukungan sosial yang didapatkan dari orang-orang terdekat sangat penting bagi kesehatan mental kita.

8. Bersantai.
Saat penghujung hari, istirahat dimaksudkan untuk santai. Jangan terlalu memaksakan diri sendiri dengan membuat jadwal liburan yang padat. Inti dari liburan itu sendiri tidak akan Anda dapatkan.

9. Tidak melakukan perjalanan jauh selama liburan.
Melakukan perjalanan selama liburan memang menyengkan dan bisa memperkaya pengalaman. Tapi, menghabiskan hari libur penuh dengan perjalanan juga bisa menguras tenaga. Orang-orang sukses menyadari bahwa melakukan perjalanan pendek saat hari libur atau tidak melakukan perjalanan sama sekali juga bisa menjadi hal yang menyenangkan.

10. Berolahraga.
Saat liburan, mungkin kita terlalu memanjakan lidah dengan berbagai makanan berlemak dan mengandung gula tinggi. Jadi, tak ada alasan untuk libur olahraga. Dengan demikian saat Anda kembali bekerja maka Anda akan lebih fit.

11. Melakukan hobi.
Taylor mengatakan bahwa melakukan hobi kita dapat membuat pandangan hidup menjadi luas, apapun hobi yang Anda miliki. Ini juga membuat Anda menjadi orang yang lebih menarik di dalam dan di luar dunia kerja.

12. Menikmati alam.
Taylor mengatakan bahwa liburan adalah saat yang tepat untuk menikmati alam bebas di luar dan mendapatkan udara segar yang sangat dibutuhkan.

13. Melepaskan diri dari pekerjaan.
Apa pun yang Anda lakukan, jangan sia-siakan waktu luang Anda yang berharga untuk selalu bekerja.  “Keseimbangan dalam hidup adalah definisi sukses bagi banyak pebisnis sukses,” kata Taylor.

14. Membantu orang lain.
Taylor mengatakan bahwa liburan bisa menjadi waktu yang ideal untuk membantu orang lain yang kurang beruntung. Apalagi, saat ini ketika banyak sekali bencana alam yang terjadi. Anda bisa menjadi relawan untuk berbagai aktivitas sosial.

Penulis : Ilham
Editor : Refiqa

Baca Juga  Pengakuan Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana Positif Corona
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017