Ini Alasan Pengiklan Tinggalkan YouTube

0

Onesulsel.id — Sejumlah pengiklan dari merek ternama, seperti Mondelez, Lidl, dan Mars dilaporkan telah menarik diri dari YouTube. Keputusan itu dilakukan menyusul adanya temuan iklan dari sejumlah merek besar muncul di video yang tak pantas.

Ini bukan pertama kalinya Youtube di tinggalkan oleh para pengiklannya setelah sebelumnya, sejumlah pengiklan seperti Marks and Spencer, Audi, RBS, dan L’Oreal juga menarik iklannya karena muncul di video pendukung kelompok ekstremis.


Video tak pantas yang dimaksud tersebut menampilkan seorang anak tampil dengan busana minim. Setelah temuan itu, YouTube pun dianggap memungkinkan seseorang mencari video semacam itu.

Bahkan, layanan milik Google itu menyebut pencarian itu dapat dilakukan dengan mudah. Padahal, YouTube telah berjanji untuk melakukan pemantauan yang lebih baik untuk melindungi konten anak-anak.

YouTube sendiri telah menanggapi temuan tersebut dengan menyebut iklan tak seharusnya ada di video itu. “Seharusnya tak ada iklan yang tampil di konten semacam itu dan kami bekerja langsung untuk mengatasinya,” ujar juru bicara YouTube.

Menyusul kasus tersebut, Google European Chief Matthew Brittin berjanji untuk meninjau kembali kebijakan perusahaan terkait iklan serta memperkuat penegakan hukum. “Tantangan utamanya adalah memberikan kejelasan kepada pelanggan mengenai konten yang bebas iklan,” katanya.

Brittin yakin, dengan menerapkan kebijakan yang memungkinkan pengiklan mengatur munculnya iklan, mereka bisa kembali beriklan di YouTube.

Saat berbicara di konferensi Advertising Week Europe, Brittin pun meminta maaf kepada para pengiklan dan mitra yang terdampak masalah ini. Ia berjanji, Google bakal memperketat pengawasan terkait di mana iklan harus ditempatkan.

Editor : Muh. Idris

Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017