Ini Daftar 10 Password Paling Gampang Ditebak Sepanjang 2017

0

Onesulsel.id — Password dalam akun internet merupakan elemen penting dalam penggunaan data pengguna baik untuk sosial media, akun keuangan maupun akun-akun lain di Internet. Kebiasaan pengguna internet membuat password buruk yang mudah ditebak masih berlangsung hingga Saat ini. Padahal, password sangat penting bagi pengguna internet untuk menjaga kerahasiaan data.

Secara umum, “123456” dan “password” masih jadi password/kata kunci terburuk yang paling sering digunakan dari dulu hingga sekarang. Firma SplashData belakangan merilis daftar password yang mudah ditebak sepanjang 2017.


“Hacker menggunakan istilah-istilah umum dari dunia pop culture dan olahraga untuk membobol akun-akun online, karena mereka tahu ada banyak orang yang menggunakan kata-kata tersebut sebagai password,” ujar Morgan Slain, CEO SplashData.

SplashData menyusun daftar password terburuk berdasarkan data 5 juta kata kunci yang bocor, sebagian besar dari pengguna internet di wilayah Amerika Utara dan Eropa Barat. Jutaan password ini dibocorkan lewat serangkaian serangan hacker, tapi tidak termasuk kasus peretasan Yahoo dan situs dewasa.


Dalam sebuah keterangan tertulis, SplashData menyebutkan bahwa setidaknya 10 persen pengguna internet pernah menggunakan kata kunci dalam daftar password yang paling gampang ditebak tahun ini. Sebanyak 3 persen diperkirakan pernah memakai password terburuk, yakni “123456” tadi.

Selengkapnya, berikut adalah daftar 10 password yang paling gampang dibobol namun banyak dipakai sepanjang 2017:

1 – 123456
2 – password 
3 – 12345678 
4 – qwerty 
5 – 12345  
6 – 123456789 
7 – letmein 
8 – 1234567 
9 – football 
10 – iloveyou

Baca Juga  Nasional, Corona 26 Maret 2020 : 893 Kasus, 78 Meninggal, 35 Sembuh

Password yang gampang ditebak membuat akun online penggunanya rawan dibobol hacker. Kalau sudah begitu, kebocoran data dan informasi pribadi pun bisa terjadi. Bagaimana caranya untuk membuat password yang aman?

SplashData menyarankan pengguna internet agar menghindari pemakaian password dalam daftar kata kunci yang paling gampang ditebak. Password yang aman hendaknya terdiri dari 12 karakter atau lebih yang berisi kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta karakter lain.

Disarankan pula agar pengguna memakai password berbeda untuk tiap akun online yang dimiliki. Ini supaya hacker yang memperoleh satu password tidak bisa menggunakan kata kunci itu untuk membobol akun lain.

Baca Juga  Pengakuan Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana Positif Corona

Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017