Ini Daftar Lima Besar Vendor Smart Phone yang Sukses di Indonesia

0

Onesulsel.id — Lembaga riset pemasaran International Data Corporation (IDC) melaporkan, sepanjang kuartal ketiga 2017, pasar ponsel pintar (smartphone) di Indonesia mencatat 7,2 juta pengiriman, turun 8,6% quarter over quarter (QoQ) dan 1,1% year over year (YoY). Di sisi lain, average selling prices(ASPs) smartphone naik hingga US$ 193.

Sampai dengan kuartal ketiga, merek smartphone yang masuk dalam barisan top 5 adalah Samsung (30%), Oppo (25,5%), Advan (8,3%), Vivo (7,5%), dan Xiaomi (6,2%). Tidak ada lagi nama Asus yang sebelumnya bertengger di urutan keempat daftar top 5 vendor ponsel pintar di Indonesia.


Bila dilihat, 3 dari top 5 merek smartphone tersebut adalah vendor yang berbasis di Tiongkok. Yang lebih drastis lagi, Iphone yang sempat merajai pasar smartphone kini tidak masuk lagi dalam daftar 5 besar dalam pasar vendor terbesar di Indonesia.

IDC menyebutkan, di tengah penurunan pengiriman, Vivo dan Xiaomi merupakan vendor berbasis Tiongkok yang patut dicermati di Indonesia karena mereka sukses memperbesar market share.

Vivo tetap melanjutkan aktivitas pemasaran mereka yang agresif seperti Oppo. Xiaomi juga turut berpartisipasi dalam
kompetisi dengan menambahkan aktifitas offline ritelnya dan juga dengan berbagai iklan di area-area yang ramai.

Advan sebagai satu-satunya merk lokal di Top 5, berusaha membedakan diri dengan mendorong aktivitas pemasarannya terhadap ekosistem IdOS, memperkenalkan fitur keamanan “Xlocker” dan “Privacy Protector” sebagai fitur uniknya.

Editor : Refiqa

Baca Juga  Dampak Pandemi, Pilkada Makassar Dinilai Harus Lebih Mengoptimalkan Kampanye Digital
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017