Ini Penyebab Elektabilitas NH-Aziz Melejit

0

Makassar – Calon Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid – Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) mendapatkan respon positif dari hasil survey yang dirilis Poltracking Indonesia, yang diumumkan dihotel Ibis, Minggu (24/9/2017).

Dari hasil riset yang dilakukan tanggal 10-17 Agustus lalu, telah merekam lonjakan elektabilitas Nurdin Halid, dibandingkan survei yang dilakukan Poltracking pada Mei 2017 lalu.


Senior Manajer Riset Poltracking Indonesia, Arya Bayu menjelaskan, sejumlah aspek penentu unggulnya elektabilitas NH-Aziz dalam surveinya.

Cek juga polling survei gubernur dan wakil gubernur onesulsel.id

Pertama, kata Arya, mesin politik yang dikendarai pasangan NH-Aziz memiliki andil besar dalam mendongkrak tren elektabilitas. Selain itu, pengaruh relawan dan tim sukses juga memberikan dampak yang sangat positif.

“Kita tahu Golkar di Sulsel, basisnya kuat dan tidak terkalahkan, ada 18 kursinya di DPRD Provinsi dari total 85 kursi,” ungkapnya.

Kedua, personal branding dan perguliran isu di media dan sosial media. Hal tersebut juga meningkatkan trend keterpilihan pasangan NH-Aziz hingga hari ini. 

“Elektabilitas kandidat juga tidak terlepas dari pembentukan image di masyarakat dan isu-isu yang digiring di media. Meskipun ada kasus yang pernah menimpa, tetapi berhasil ditepis lewat massifnya personal branding dan perguliran isu,” ujarnya.

Hal lain yang menjadi penentu unggulnya elektabilitas NH-Aziz, lanjut Arya Budi, juga disebabkan preferensi pemilih yang dipengaruhi oleh media dan lingkungan.

“Preferensi pemilih bisa berdasarkan tiga hal. Yaitu secara sosiologis karena melihat kesamaan suku atau daerah, secara psikologis karena dipengaruhi oleh keluarga atau tetangga lingkungan, atau secara rasionalitas karena melihat program NH-Aziz yang berdampak langsung kepada pemilih. Seperti program pembangunan hingga ke kecamatan,” jelasnya.

Poltracking mengambil 800 responden yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan se-Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin error berkisar 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca Juga  Moment Peringatan Hari Sumpah Pemuda, PMII Sulsel Ajak Pemuda Jaga Kebhinekaan Indonesia
Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017