Ini Tema Debat Pertama Pilgub Sulsel 2018

0

Onesulsel.id, Makassar — Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan untuk periode 2018-2023 memasuki tahapan debat kandidat pertama.

Debat kandidat akan berlangsung di salah satu hotel di Makassar Sulawesi Selatan Rabu 28 Maret 2018. Persiapan debat sudah dilakukan KPU Sulsel, diantaranya pematangan materi baik panelis maupun host debat.


Untuk pengamanan, KPU Sulsel sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dalam hal ini Polda Sulawesi Selatan termasuk untuk pengamanan lokasi debat.

Agar debat berlangsung tertib, hanya yang memiliki id khusus yang dikeluarkan KPU Sulsel bisa masuk ke ruang debat menyaksikan langsung proses debat.

Hanya 75 pendukung dari masing-masing paslon yang diijinkan masuk ke ruang debat. Karena ada empat Paslon, artinya akan ada 300 pendukung yang akan berada di ruang debat.

Ratusan pendukung ini, diharapkan nantinya bisa mematuhi aturan sehingga debat berlangsung tertib dan lancar.

Debat kandidat akan dibagi menjadi enam sesi, diantaranya pemaparan visi misi paslon, tanya jawab paslon, paslon saling bertanya, panelis bertanya, serta penutup dimana para paslon menyampaikan kalimat kunci masing-masing.

Baca Juga  Tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, SADAP Disambut Pasukan Adat Kerajaan Gowa

“Tema debat pertama ini yakni pembangunan berwawasan lingkungan hidup yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan sosial dan kesejahteraan masyarakat. Adapun inti debat yakni untuk menampilkan seluruh Paslon dengan memberikan gambaran mengenai visi misi Paslon,” kata Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang, Selasa 27 Maret 2018.

Asrar menambahkan, diharapkan nantinya debat berlangsung santun dan ilmiah. Termasuk materi, isi serta debat berlangsung secara akademik, ilmiah dan santun.

“Meski ada persaingan tetapi tetap membawa aura positif,” lanjut Asrar.

Debat akan menghadirkan empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel. Mereka yakni pasangan Nurdin Halid-Azis Qahar Mudzakkar, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman serta pasangan melalui jalur independen, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

Debat kandidat kontestan Pilkada Sulsel 2018 akan digelar sebanyak tiga kali, yakni pada tanggal 28 Maret, 19 April dan 9 Mei mendatang.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017