Kehidupan Kita Berubah, Revolusi Industri 4.0 Dipercepat

0

Onesulsel.id — Kehidupan kita berubah, Dunia saat ini sedang merefleksi dampak Covid-19 pada pola kehidupan hingga pada habit manusia dari segala lini sosial, ekonomi hingga budaya. Perkembangan dan penggunaan dunia digital meningkat drastis mengakibatkan munculnya berbagai jenis pekerjaan dan profesi baru di era digital.

Hal lain yang menarik dari dari dampak wabah Virus Corona ini adalah dengan munculnya pola kerja, cara-cara kerja hingga jenis-jenis pekerjaan baru di era digital yang mengadopsi kultur bekerja yang berbeda.


“Revolusi Industri 4.0 dipercepat.
Saat ini kita sedang memasuki era Revolusi Industri yang lebih dipercepat dari sebelumnya, bahkan kita di “Paksa”.”

Mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan problem-solving, proaktif serta kreatif dan inovatif merupakan beberapa hal yang harus dimiliki seseorang agar mampu beradaptasi dan bertahan pada era digital saat ini. Pasalnya, dengan berkembangnya dunia digital tidak menutup kemungkinan terjadinya kolaborasi di berbagai bidang pekerjaan. Terlebih saat ini masyarakat sudah menerapkan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan mereka. Jenis pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan muncul seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap profesi tersebut.

Hanya mereka yang mampu beradaptasi dan melakukan perubahan secara signifikan akan memenangkan babak baru pasca Covid-19 ini, bukan pada yang hanya menunggu dan berharap semua normal kembali seperti sebelumnya.

Singkat kata, meski wabah berakhir kehidupan tidak akan kembali normal seperti sebelumnya. Telah terjadi pola yang entah secara alam atau non-alam yang memaksa manusia untuk menjalankan sistem pasca Pandemi dan mengikuti cara-cara yang dilakukan secara serempak diseluruh dunia.

“Dunia berubah sangat cepat.
Saat kita baru menyadarinya, kehidupan sudah berubah. Begitu cepatnya, sehingga ketika kita sadar dunia berubah, ternyata telah terjadi perubahan baru lagi.”

Mari, Lakukan Perubahan.
Jika tidak, Orang lain yang akan Melakukannya.

Iwa Muhammad
Konsultan Komunikasi Digital & Entrepreneur

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017