KPU Sulsel Gelar Rapat Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Sementara

0

Onesulsel.id, Makassar — Rapat Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Sementara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan digelar KPU Sulsel di hotel Arya Duta Makassar Sulawesi Selatan, Jumat 16 Maret 2018.

Rapat yang diikuti anggota KPU di 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan untuk mensortir data pemilih yang tidak memenuhi syarat dari hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan KPU di 24 Kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan yang dimulai secara serentak 20 Januari 2018.


Adapun hasil pencocokan dan penelitian yang telah dirampungkan KPU Sulsel berjumlah 6.787.901 pemilih. Jumlah ini dianggap masih bisa berubah, menjadi bertambah atau berkurang mengingat dari hasil coklit, KPU belum mengeluarkan pemilih yang belum memenuhi syarat.

Baca Juga  Pemeran Otomotif Bergengsi GIIAS Resmi Dihelat Di Makassar

Adapun unsur yang tidak memenuhi syarat ini, yakni adanya pemilih yang belum memiliki KTP elektronik sehingga diperlukan koordinasi dengan pihak dukcapil.

“Sebelum menentukan daftar pemilih sementara kita melakukan konsolidasi data untuk 24 kabupaten kota tujuannya untuk mengkroscek angka angka data pemilih yang masuk kategori tidak memenuhi syarat, kemudian pemilih baru, untuk rekap DPS,” kata Mardiana Rusli Komisioner KPU Sulsel.

Sebelum melakukan penetapan daftar pemilih sementara dari hasil pemeriksaan atau sortir KPU Sulsel terlebih dahulu akan melakukan uji publik sebagai wujud transparansi dan keterbukaan.

Baca Juga  GIIAS 2019 Sambangi Makassar, Kendaraan Berteknologi Tinggi Bakal Dipamerkan

Selain itu, pihak KPU juga akan mengundang narahubung atau L.O dari masing-masing pasangan calon untuk melihat proses pergerakan data.

Penulis : M.Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017