Lamborghini Menyiapkan SUV Perdana dan Tercepat di Dunia

0

Onesulsel.id — Pasar mobil pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV) belakangan ini banyak digarap produsen otomotif dunia, ternyata turut menggoda produsen supercar Lamborghini. Pabrikan asal Italia ini kabarnya tengah menyiapkan SUV perdananya, Urus.

Sebenarnya, proyek ini hanya sebuah mimpi lama yang akhirnya terwujud. Lamborghini sudah pamer purwarupa Urus sejak 2012 silam. Setelah resmi diungkap, kabarnya Urus mulai dipasarkan pada awal 2018 nanti.


Walau berstatus SUV, Urus tetap membawa ruh mobil sport seperti Lamborghini Gallardo dan Aventador. Bedanya, mobil tersebut memiliki pintu belakang dan satu set kursi belakang serta ruang bagasi.

Mobil ini diklaim bakal menjadi SUV tercepat di dunia dengan catatan akselerasinya dari 0-62 km/ jam dapat ditempuh dengan 3,6 detik. Selain itu mobil dapat melaju sampai kecepatan 305 km/ jam. Hasil tersebut diperoleh Urus berkat mesin V8 4.0L dengan tenaga 641 tenaga kuda dan torsinya 627lb-ft.

Untuk membantu stabilitas kecepatan lebih tinggi, SUV ini telah dibekali sistem kemudi untuk roda belakang. Sistem itu juga membantu meningkatkan ketangkasan di tikungan, serta enam mode berkendara yang dapat dipilih, tergantung pada permukaan dan suasana jalan yang dilalui.

Selain performa luar biasa, The Verge menyebut mobil ini juga menawarkan desain menarik dari bagian luar hingga ke dalam. Tentu Lambo tak akan memasukkan Urus ke pasar SUV biasa. Urus bakal menjadi pesaing serius untuk merek-merek tertentu seperti Bentley Bentayga, Porsche Cayenne, Mercedes-Benz G-Wagen dan Land Rover Range Rover.

“Ini adalah Lamborghini sejati dalam hal desain, performa, dinamika berkendara dan emosi serta dapat dilalui setiap hari di berbagai lingkungan,” kata Chief ExecutiveStefano Domenicali dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters.

Sedangkan, Ian Fletcher, seorang analis di IHS Markir memperkirakan penjualan tahunan Urus akan mencapai puncaknya pada 2019 dan 2020 dengan total sekitar 2.900 unit. Mobil ini bakal dijual perdana di Amerika Serikat seharga US$200 ribu atau hampir Rp3 miliar.

Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017