Makassar Penyumbang Kasus Esploitasi Hasil Laut Terbesar di Indonesia

0

Onesulsel.id, Makassar– Sulawesi Selatan menjadi daerah dengan kasus esploitasi hasil laut terbanyak di Indonesia.


Menurut data dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantana Ikan Pengendalian mutu dan Keamanan Hasil Perikanan bersama instansi terkait menyebutkan bahwa sebanyak 399 kasus hingga tanggal 25 Desember 2017. 399 kasus yang terjadi tahun ini menyelamatkan total komoditi sebesar Rp. 8,401.912.000.

Banyaknya jumlah kasus ini lantaran semakin ketat dan gencarnya pihak BKIPM menangani penyelundupan dan pengeksploitasian hasil laut. Beberapa kasus yang ditangani ini diantaranya penyelundupan daging kima, ikan napoleon, kepiting bakau, rajungan, lobster, sirip hiu, kerang kepala kambing dan kuda laut.


Menurut Dr.Rina, Kepala BKIPM menyatakan bahwa tingginya esploitasi terhadap hasil laut ini diakibatkan kurang pahamnya masayarakat, pada selasa (26/12/2017).

“Salah satu penyebab tingginya angka esploitasi terhadap hasil laut terutama di Makassar diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai hewan yang dilindungi, hal ini menyebabkan banyaknya penyimpangan terhadap hasil laut terutama karena iming-iming harga yang pantastis untuk penyelundupan hewan laut yang dilindungi ini” jelasnya.

Ibu Rina menambahkan bahwa saat ini kepedulian masyarakat mulai meningkat.

“Sekarang kepedulian masyarakat sudah semakin tinggi. Ada dua kemungkinan hal ini, satu lebih efektif karena laporan dari masyarakat, atau banyaknya masyarakat yang tau menyebabkan banyaknya yang juga ikut melakukan eksploitasi”, Tambahnya.

Penulis : Hikma Ahyudin
Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Jokowi Umumkan Masyarakat yang Kredit Kendaraan Ataupun Usaha Cicilannya Ditangguhkan 1 Tahun Akibat Covid-19
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017