Manipulasi Akun Medsos Anggota Polisi, Wiraswasta Diamankan Polisi

0

Onesulsel.id, Makassar — Petugas dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan menangkap satu orang karena telah melakukan manipulasi terhadap salah satu akun media sosial kemudian menggunakan akun tersebut untuk menyebarkan konten bernada penghinaan dan atau pencemaran nama baik.

Tersangka berinisial MU 38, wiraswasta diamankan 10 Maret 2018 lalu karena dengan sengaja melakukan manipulasi terhadap akun media sosial dengan cara mengubah akun Facebook miliknya mulai dari nama profil, foto profil, hingga informasi profil maupun foto-foto di dalam album sehingga identik atau sama dengan akun Facebook yang asli. Akun tersebut selanjutnya digunakan menyebar konten penghinaan dan atau pencemaran nama baik di dalam salah satu grup Pilkada di Sulsel.


Pengungkapan berdasarkan laporan dari tim sukses salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sidrap dan informasi dari anggota Polres Sidrap tentang adanya konten bernada penghinaan atau pencemaran nama baik terhadap salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidrap via akun Facebook Ghofur Mun Farid di dalam Grup Pilkada Sidenreng Rappang 2018.

Baca Juga  Dihari Pertama Pembukaan, MY Tours Makassar Beri Potongan Diskon Hingga 1 Juta Untuk Pelanggan

Menerima laporan tersebut, Petugas unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan kemudian melakukan penyelidikan terhadap akun tersebut. Dari penyelidikan diketahui jika akun Facebook Ghofur Mun Farid adalah akun anonymous. Hal ini berdasarkan hasil koordinasi dengan pemilik akun asli Ghofur Mun Farid yang merupakan anggota Polri bertugas di Polres Mukomuko Polda Bengkulu.

Petugas selanjutnya melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap pemilik akun Facebook Ghofur Mun Farid dan akhirnya berhasil mengetahui identitas dan alamat tersangka dan dilakukan penangkapan di daerah Pangkajene kabupaten Sidrap. Selain tersangka polisi juga menyita barang bukti berupa 2 handphone.

“Berdasarkan keterangan tersangka, dirinya melakukan manipulasi akun Facebook Ghofur Mun Farid pada awal Februari 2018 lalu dikarenakan tidak ingin identitasnya diketahui jika berkomentar ataupun beradu argumen di dalam Grup Pilkada Sidenreng Rappang 2018,” kata Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Polisi Dicky Sondani, Selasa 13 Maret 2018.

Tersangka kini diamankan di Mapolda Sulsel adapun pasal yang dipersangkakan yakni Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat 1 dan atau Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak 12 Miliar rupiah.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017