Memasuki Musim Hujan, Begini Himbauan BMKG Sulsel

0

Onesulsel.id, Makassar — Kondisi topografi wilayah Sulawesi Selatan yang bergunung, berlembah, serta banyak pantai, merupakan fenomena lokal yang menambah beragamnya kondisi iklim di wilayah Sulawesi Selatan, baik menurut ruang (wilayah) maupun waktu.

Ketua Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar Ahmad Fachri Radjab Rabu (8/11/2017), mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis data periode 30 tahun terakhir (1981-2010), secara klimatologis wilayah Sulawesi Selatan
terdapat 28 pola hujan, dimana 24 pola merupakan Zona Musim (zoM) yaitu mempunyai perbedaan yang jelas antara periode musim hujan dan periode musim kemarau (umumnya pola Monsun), sedangkan 4 pola lainnya adalah Non Zona Musim (Non zoM).


“Beberapa wilayah di Sulawesi Selatan saat ini telah mulai memasuki awal musim hujan.
Awal Musim Hujan pada wilayah Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan, pada umumnya diprakirakan antara akhir Oktober 2017 hingga awal November 2017, sedangkan untuk wilayah Sulawesi Selatan bagian timur pada umumnya diprakirakan pada bulan Maret 2018,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa prakiraan awal musim hujan 2017/2018 di sulsel bagian timur pada umumnya mundur dari rara-rata normalnya, sedangkan di wilayah barat maju dari rata-rata normalnya.

“Wilayah sulsel bagian utara yang merupakan wilayah non ZOM, jumlah curah hujan selama periode Oktober 2017 sampai dengan Maret 2018 diprakirakan antara 1.001- 2.000 mm.
Sifat curah hujan pada musim hujan tahun 2017/2018 di Sulawesi selatan fiprakiran pada umumnya normal, namun, dalam skala harian kondisi cuaca sangat fluktuatif,” tuturnya.

BMKG menghimbau dengan adanya informasi awal musim hujan 2017/2018 , masyarakat diharapkan dapat mengantisipasi pontensi bencana yang dapat terjadi selama musim peghujan yang diakibatkan adanya hujan lebat, angin kencang, petir/kilat dan tinggi gelombang.

Penulis : Imran
Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Pererat Tali Silaturahmi Ditengah Pandemi Covid-19, STITEK Balik Diwa Makassar Adakan Halal Bi Halal Secara Virtual
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017