Mentan RI Ekspor 67 Ribu Ton Jagung ke Filipina Lewat Pelindo IV Makassar

0

Onesulsel.id, Makassar — Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Sudirman Sulaiman melepaskan 67.000 ton Jagung untuk diekspor ke negara Filipina di pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) Makassar Jalan Nusantara kota Makassar, Jumat (09/03/2018).

Pelepasan ekspor Jagung ini didampingi secara langsung oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dengan total ekspor sebesar Rp 120 miliar.


Pemprov Sulsel mencatat bahwa produksi Jagung di daerah tumbuh rata-rata 8,69 persen per tahun, sejak 2008 hingga 2017. Tahun lalu, menurut BPS, daerah ini memproduksi 2,34 juta ton Jagung, menjadikannya sebagai salah satu potensi komoditas ekspor unggulan.

Baca Juga  Awal Ramadhan, Ekonomi Sulsel Tumbuh Kuat

Menteri Pertanian RI, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa ekspor Jagung merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Sebab sebelumnya, negara ini selalu mengimpor komoditas tersebut.

“Ini kerja keras petani yang didukung semua pihak Indonesia, bahkan siap untuk memenuhi kebutuhan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina,” ujarnya.

Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa ekspor Jagung merupakan rutinitas di daerahnya. Sejak tahun 2010, tiga perusahaan telah mengirimkan komoditas tersebut ke Filipina. Jagung berasal dari beberapa kabupaten di Sulsel, antara lain Bone, Maros, Gowa, dan Takalar.

“Ekspor ini sebagai bagian surplus, membuktikan bahwa pemerintah bersinergi dan tidak bergantung pada negara lain,” ujarnya.

Penulis : Imran
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017