NH: BPD Jangan Hanya Jadi Kasir Pemerintah

0

Selayar – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulsel. Namun, peruntukan BPD Sulselbar dinilai masih belum berpihak penuh pada kebutuhan masyarakat secara umum.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Nurdin Halid saat beramah tamah bersama pemerintah desa se-Kabupaten Selayar di Aula Rujab Bupati Selayar, Jumat (15/9).


“BPD hanya menjadi kasir pemerintah untuk menerima gaji, hanya jadi kasir untuk melayani kontraktor,” tegas NH.

Hal itu dinilai menjadi salah satu faktor penghambat pembangunan di daerah pedesaan.

Sehingga, bakal calon Gubernur Sulsel ini kemudian menawarkan solusi agar menjadikan BPD sebagai bank milik rakyat Sulsel.

“Dengan begitu, BPD yang sekarang ini hanya jadi kasir pemerintah, nantinya akan sesuai dengan prinsip koperasi yang berasas kegotong-royongan. Harus menjadi milik masyarakat Sulsel supaya tidak jadi tamu di tanah sendiri,” bebernya.

Ia mengaku, selama ini telah melakukan sejumlah upaya advokasi tetapi belum berjalan secara maksimal. Hal tersebutlah yang mendorong NH maju pada bursa pemilihan gubernur agar mampu menawarkan upaya konkret dalam menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Karena gubernur bisa mengintervensi pemerintah kabupaten, camat untuk membuat kebijakan pro rakyat,” jelasnya.

Ketua Harian DPP Golkar ini juga menargetkan peralihan BPD menjadi bank rakyat Sulsel maksimal dilakukan selama satu tahun setelah terpilih menjabat sebagai gubernur kelak.

“Paling lambat satu tahun BPD jadi bank rakyat Sulsel. Saya sudah tahu caranya, sudah konsul dengan ahli perbankan dan tidak melanggar UU Perbankan. Saya juga kenal dengan CEO Bank Rakyat Malaysia, bank di Jepang dan Denmark,” tuturnya.

Selain peralihan status BPD, NH juga memprogramkan sejumlah pembangunan perekonomian berbasis koperasi, di antaranya pengelolaan Bumdes yang menjadi milik masyarakat. Hal tersebut juga diharapkan mampu menjadi ujung tombak penggerak ekonomi di desa. (*****)

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017