Pemulihan Ekonomi Mikro, PLN Sulselrabar Gratiskan Tagihan Listrik Ke 5.488 Pelanggan Industri Kecil Selama 6 Bulan

0
Onesulsel.id, Makassar — Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sulawesi Selatan, barat dan tenggara (Sulserabar) memberikan listrik secara gratis selama 6 bulan terhadap pelanggan industri kecil dan bisnis kecil.

Pemberian listrik gratis selama 6 bulan tersebut merupakan program dari pemerintah pusat sebagai perlindungan rakyat yang terdampak akibat Covid-19 dan mengupayakan pemulihan ekonomi, terutama di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah. Termasuk program khusus bagi usaha ultramikro dan usaha mikro yang selama ini tidak tersentuh atau terjangkau lembaga keuangan maupun perbankan.

Untuk diwilayah Sulselrabar, tercatat sebanyak 5.488 pelanggan yang mendapatkan listrik secara gratis yang masuk dalam kategori Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA.

Baca Juga  Jika Kembali Beroperasi, Management Cinema XXI Batasi Jumlah Penonton, Kursi Penonton Dibuat Batas Untuk Jaga Jarak

Humas PLN wilayah Sulselrabar, Eko Wahyu Prasongko saat dikonfirmasi via whatsapp, Sabtu (02/05/2020) mengatakan bahwa program listrik gratis bagi industri kecil tersebut mulai berlaku bulan Mei 2020 hingga Oktober 2020 .

” Sudah berlaku, kan berlaku seluruh Indonesia program listrik gratisnya kepada industri kecil, dimulai bulan Mei 2020 hingga Oktober 2020 yang berdampak pada pandemi Covid 19,” ujarnya.

Ia menambahkan pelanggan industri kecil dan bisnis kecil dengan daya 450 VA secara otomatis listriknya dibayarkan oleh pemerintah pusat jadi tak perlu lagi kepikiran untuk membayar tagihan listrik selama 6 bulan.

Baca Juga  Hadapi New Normal Life, Alfamidi Cabang Sulselbar Anjurkan Konsumen Gunakan Uang Elektronik Disetiap Transaksi

”  PLN langsung menyiapkan langkah-langkah teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil, sebagaimana kami telah menyelesaikan pembebasan tagihan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga pada bulan April yang lalu, jadi selama 6 bulan ini, pembayaran listrik digratiskan bagi pelanggan industri kecil,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan Rumah Tangga (R1) 450 VA dan pemberian diskon 50 persen bagi pelanggan golongan Rumah Tangga 900 VA Bersubsidi. Kebijakan tersebut telah dituntaskan PLN dalam sepekan sejak keputusan diambil oleh Pemerintah.

Penulis : Imran

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017