Resmi Dibuka, Bank Sampah Binaan PT. Pegadaian Dapat Tukar Sampah Dengan Emas

0

Onesulsel.id, Makassar — Wakil Wali Kota Makassar Dr. Syamsu Rizal Mi, meresmikan Bank Sampah Unit Asoka V, di Jalan Kumala II, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalat, Senin 3 Desember 2018.

Bank sampah Asoka V ini merupakan binaan dari PT. Pegadaian (Persero) kantor wilayah VI Makassar melalui program “The Gade Clean & Gold.


Peresmian bank sampah asoka V ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Wali Kota Makassar bersama Direktur TI dan Digital Pegadaian dan disaksikan Kanwil VI Pegadaian Makassar.

Dalam sambutannya, Deng Ical menyampaikan terima kasih kepada PT. Pegadaian (Persero) wilayah V Makassar yang telah memberikan bantuan berupa motor sampah, gerobak dan kontainer sampah.

“Dalam beberapa tahun terahir ini pemerintah kota Makassar telah banyak menerima bantuan CSR dari PT. Pegadaian, tetapi yang paling terasa manfaatnya itu di program bank sampah,” ucap Wawali Makassar ini.

Dia menjelaskan bahwa dibank sampah itu bukan hanya soal kebersihan melulu yang kita bicarakan tetapi lebih pada aspek-aspek pemberdayaannya.

“Jadi dibank sampah ini sudah ada aspek ekonominya, karena memang dalam operasionalnya bank sampah ini mampu memberikan manfaat ekonomi langsung buat masyarakat dan juga pengelolanya,” tutur Deng Ical.

Ia menambahakan, kalau dulu orang itu berbicara sampah hanya bicara soal hal hal negatif.

“Tapi kalau sekarang orang bicara bank sampah merka bicara soal aspek ekonomi didalamnya. Karena sampah kotor itu sudah bisa bernilai ekonomi dan sosial, sehingga itu yang membuat partisipasi masyarakat meningkat,” tambahnya.

Sementara Direktur TI dan Digital Pegadaian, Teguh Wahyono mengatakan bahwa program ini merupakan upaya dari pegadaian untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Saya kira program clean and gold ini salah satu bagian dari bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dengan cara mengumpulkan sampah sampah non organik terutama plastik, kertas dan kardus untuk ditukar menjadi emas,” katanya.

Penulis : Imran

Baca Juga  Jadi Objek Hiburan Baru, Dua KRI Milik TNI AL Diserbu Masyarakat Luwuk Banggai Provinsi Sulteng
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017