Sulsel Daerah dengan Tingkat Kemiskinan Terbesar ke 3 di Sulawesi

0

Onesulsel.id, Makassar — Sulawesi Selatan menduduki posisi ketiga dari data tingkat kemiskinan di pulau Sulawesi sekaligus mengalami peningkatan jumlah kemiskinan pada tahu 2017, Selasa (2/1/2018).

Data dari Badan Pusat statistika (BPS) menyebutkan bahwa peringkat ketiga kemiskinan ini di peroleh sulsel setelah Sulawesi Utara sebagai peringkat pertama dan Sulawesi tengah sebagai peringkat kedua.


Dari data BPS pada September 2017, penduduk miskin Sulsel mencapai 825,97 ribu jiwa atau sekitar 9,48%. Jumlah ini disumbang oleh penduduk perkotaan sebanyak 166,50 ribu jiwa atau 4,76% dan penduduk pedesaan sebanyak 659,47 ribu jiwa atau 12, 65 persen.

Peningkatan garis kemiskinan ini dipengaruhi oleh komoditas makanan dan komoditas bukan makanan. Pada wilayah perkotaan, komuditas makanan yang paling berpengaruh adalah beras, rokok kretek filter, daging sapi, bandeng, telur ayam ras, mie instan, dan kue basah. Sedangkan untuk di pedesaan, komuditas makanan yang paling berpengaruh adalah beras, rokok kretek filter, bandeng, gula pasir, telur ayam ras, daging sapi dan mie Instan.

Adapun komoditas bukan makanan yang paling berkontribusi besar terhadap garis kemiskinan baik di desa maupun di kota adalah biaya perumahan, listrik, bensin, pendidikan, dan perlengkapan mandi.

Meski mengalami peningkatan, Nursam Salam sebagai ketua BPS optimis dan bersyukur tidak ada daerah di Sulsel yang terisolasi.

“Meskipun Sulsel mengalami peningkatan jumlah kemiskinan, hal yang paling di syukuri adalah tidak ada lagi daerah di Sulsel yang terisolasi dari transportasi dan penyaluran bahan sandang, pangan dan papan,” jelasnya.

Penulis : Hikma Ahyudin
Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Hadapi New Normal Life, Alfamidi Cabang Sulselbar Anjurkan Konsumen Gunakan Uang Elektronik Disetiap Transaksi
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017