Survei: Anies, AHY, dan Ahok Berada di Urutan Teratas Bursa Cawapres 2019

0

Onesulsel.id — Hasil Survei yang dirilis Indo Brometer ada tiga nama teratas yang tak lain juga adalah kontestan pada Pemilihan Gubernur DKI 2017 berada di urutan teratas dalam bursa calon wakil presiden 2019-2024. Mereka tak lain adalah Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Dari pertanyaan terbuka calon wakil presiden, Anies Baswedan mendapat 10,5 persen,” kata Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari saat memaparkan hasil survei nasional ‘Siapa Penantang Potensial Jokowi di 2019’, di Jakarta, Minggu (3/12/2017).


Perolehan Anies berbeda tipis di atas AHY dan Ahok yang mendapat 9,6 persen, jumlah presentase yang sama dengan yang diraih Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Survei Indo Barometer diikuti 1.200 responden yang berada di 34 provinsi selama 15-23 November 2017. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar lebih kurang 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 


Selain nama-nama di atas, hasil survei pilihan calon wakil presiden memunculkan nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil 5,4 persen, Presiden PKS Sohibul Iman 3,8 persen, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 3,3 persen, mantan Panglima TNI Jenderal (Purnawirawan) Moeldoko 2,8 persen.  

Untuk urusan calon presiden 2019, dua nama teratas yang muncul di survei Indo Barometer adalah Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Sebesar 34,9 persen responden memilih Jokowi jika pemilihan presiden dilakukan saat pertanyaan diajukan. Prabowo berada di posisi kedua dengan jumlah 12,1 persen responden.

“Dari pertanyaan terbuka calon presiden,awareness pemilih yang tinggi terhadap Joko Widodo dengan dukungan 34,9 persen,” kata Qodari.

Editor : Refiqa

Baca Juga  Jokowi Umumkan Masyarakat yang Kredit Kendaraan Ataupun Usaha Cicilannya Ditangguhkan 1 Tahun Akibat Covid-19
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017