Tahun 2018, Rel Kereta Api Sulsel Akan di Bangun Sepanjang 40 KM

0

Onesulsel.id, Barru — Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan kembali membangun Rel Kereta Api sepanjang 40 kilometer yang akan melalui Kabupaten Barru hingga Kabupaten Maros.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan dilakukan di Kelurahan Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sabtu (28/10/2017).


“Kita akan selesaikan dulu 40 kilometer dengan anggaran Rp4 triliun. Selesai itu, kita akan undang investor jadikan 100 kilometer, 140 kilometer dan seterusnya,” ungkap Budi.

Ia menambahkan bahwa akan melibatkan investor karena ketidakmampuan APBN membiayai seluruh anggaran proyek kereta api Sulsel. Untuk menyelesaikan jalur kereta dari Makassar hingga Parepare itu dibutuhkan dana Rp 8 triliun.


Rp 2 triliun dari APBN sudah terpakai sejak tahun 2015. Sementara tahun ini, pemerintah mencairkan Rp 1,6 triliun (APBN 2017) dan Rp 600 miliar (APBN 2018) untuk menyelesaikan rel kereta api Maros hingga Barru sepanjang 47 kilometer.

Sementara sisanya dari Barru ke Parepare sepanjang 100 km dengan nilai Rp 4 triliun akan diserahkan kepada investor swasta.

“Ada maksud tertentu proyek ini dijadikan KPBU. Kita tahu banyak dana yang dibutuhkan, APBN tidak cukup mencover semua dananya. Di satu sisi kita bekerjasama swasta, tapi swastanya juga untung. Jadi ada suatu kolaborasi yang baik,” tambah Budi.

Jalur kereta api ini direncanakan punya 23 stasiun pemberhentian dengan total panjang 145 kilometer. Awalnya hanya jalur tunggal, tetapi disiapkan dibangun jalur ganda karena lahan yang disiapkan memungkinkan.

Penulis : Imran
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017