Terus Gaungkan Transaksi Non Tunai, BI dan Pemerintah Sulsel Tingkatkan Target

0

Makassar, Onesulsel.id– transaksi non tunai belakangan menjadi primadona. Dibeberapa kota di lndonesia, transaksi non tunai penggunaanya terbilang besar dan menyeluruh hingga mencapai angka seratus persen. Senin (08/07/2019).

Di Sulawesi Selatan sendiri, Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah terus mengupayakan realisasi transaksi nontunai yang lebih masif dan menyeluruh.


Upaya tersebut dilakukan lantaran manfaat dari realisasi transaksi nontunai sangat besar, menurut Asisten Manajer Fungsi Elektronifikasi Pembayaran Daerah, Operasional Sistem Pembayaran BI Sulsel, Maudy Halim, tujuannya tidak lain untuk mencapai transaksi yang aman dan juga transparan.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi PMI Ke-74, Alfa Midi Cabang Makassar Kumpulkan 33 Kantong Darah

“Tujuanny mencapai sistem pembayaran aman dan handal. Untuk itu pada Agustus tahun 2014, BI bersama stakeholders terkait mencanangkan gerakan Nasional Non Tunai (GANTI)” terangnya.

Guna merealisasikan sistem pembayaran yang lebih baik, praktis, dan transparansi, BI menargetkan ditahun 2019 pengguna mendekati keseluruhan.

“Di 2019 ini BI menargetkan penggunaan uang nontunai hingga 75%” Pungkasnya.

Baca Juga  Kunjungan Kerja di Makassar, Wapres Jusuf Kalla Resmikan Gedung Radioterapi RSI Faisal

Saat ini penggunaan uang non tunai telah diaplikasikan di dua sektor seperti sektor transportasi dan sektor bantuan sosial (bansos). Diharapkan kedepan penggunaan sistem nontunai di Sulsel mampu terealisasi sebagaimana mestinya dengan komunikasi baik antar BI dan pemerintah.

Penulis : Hikma

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017