Tingkatkan Mutu Ekspor Komoditi Perikanan, BKIPM Adakan pelatihan HACCP

0

Onesulsel.id, Makassar — Guna meningkatkan pemahaman pengusaha atau Unit Pengolahan Ikan (UPI) di bidang ekspor komoditi perikanan, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) mengadakan pelatihan HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Point) di Dalton Hotel Makassar pada Selasa (20/3/2018).

Pelatihan ini menurut Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Rina dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan keamanan hasil perikanan.


“Kegiatan ini sesuai amanat yang tertuang pada Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 2015 tentang sistem Jaminan Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Serta Peningkatan Nilai Tambah Produk Hasil Perikanan.” Tugas Balai Perikanan adalah mengendalikan mutu, pengendalian mutu tersebut berupa peningkatan keterampilan dan transparansi UPI sehingga memenuhi standar kelayakan
produk yang akan di ekspor.” Jelasnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung 20 hingga 30 Maret ini, sedikitnya 60 peserta dari berbagai daerah seperti Sulsel, Tarakan, Jabar, dan Kendari hadir mengikuti pelatihan.

Kepala Balai Besar Karantina Ikan Makassar Sitti Chadidjah menerangkan bahwa Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan memiliki tanggungjawab yang sangat besar untuk menjamin kualitas produk.

“Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk menjamin bahwa produk perikanan yang dikonsumsi oleh masyarakat baik lokal maupun domestik atau ekspor mampu memenuhi persyaratan mutu dan keamanan. Berdasarkan data pada Pusat Pengendalian Mutu, di tahun 2017 terdapat 731 Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang memenuhi persyaratan dan 2452 produk yang dijamin mutu dan keamanannya melalui sertifikasi HACCP” terangnya.

Penulis : Hikma Ahyudin
Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  GIIAS 2019 Sambangi Makassar, Kendaraan Berteknologi Tinggi Bakal Dipamerkan
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017