Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona, Warga Binaan Rutan Makassar Buat Bilik Sterilisasi Uap Air

0

Onesulsel.id, Makassar — Warga binaan rumah tahanan (Rutan) kelas 1 kota Makassar Sulawesi Selatan membuat sebuah bilik strealisasi untuk menangkal penyebaran Convid 19 didalam Rutan kelas 1 Makassar.

Bilik tersebut terbuat dari besi holo, plastik fiber yang ditempatkan di area pintu satu, gedung 1 sehingga semua yang masuk area Rutan wajib melalui bilik sterilisasi tersebut.


Kepala Rutan Kelas 1 Makassar, Sulistyadi mengatakan bahwa bilik strealisasi tersebut dibuat oleh empat orang warga binaan sebagai salah satu cara Rutan kelas 1 Makassar untuk menangkal penyebaran Convid 19.

“Dibuat oleh warga binaan Rutan Kelas 1 Makassar dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti besi holo, plastik fiber yang ditempatkan di pintu masuk Rutan,” ujarnya.

Selanjutnya Sulistyadi menjelaskan cara kerja bilik sterilisasi yang menggunakan mesin uap tersebut.

“Jadi bilik ini akan menyemprotkan cairan desinfektan dalam bentuk uap dengan menggunakan peralatan yang sudah kita pasang di dalam bilik sehingga lebih praktis digunakan dan hemat karena minim cairan. Durasi penyemprotan sekitar 5 sampai 10 detik,” tambahnya.

Lebih lanjut Sulistyadi menjelaskan bahwa sejak merebaknya penyebaran Covid-19, Rutan Makassar terus memperketat pengawasan baik terhadap pegawai, warga binaan, masyarakat maupun barang yang dititipkan.

“Teknisnya semuanya wajib mengikuti prosedur yang sudah ditentukan Rutan. Mulai dari penggunaan bilik sterilisasi, pengecekan suhu tubuh serta mencuci tangan sebelum memasuki area Rutan. Semuanya sudah kita siapkan tinggal kesadaran untuk menggunakannya demi kebaikan bersama,” tegasnya. (Imran) 

Baca Juga  Perayaan Idul Adha 1441 H, Laznas BSM Serahkan Sapi Ke Unismuh daan RSIA Khadijah
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017