Unik, Mahasiswa ITS ciptakan Gitar Bambu yang Indonesia Banget

0

Onesulsel.id, Surabaya —  Kekayaan material alam Indonesia telah menstimulasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya sebagai kampus teknologi untuk bisa menciptakan produk yang inovatif khas Indonesia.

Menanggapi tantangan tersebut, mahasiswa Departemen Desain Produk Industri (Despro) ITS pun terinspirasi untuk menciptakan produk alat musik gitar yang berbahan bambu dan rotan laminasi.


Keunggulan gitar ini adalah karena terbuat dari rotan dan bambu laminasi, sehingga lebih ringan dan tipis dibanding bahan sintetis pada umumnya serta terlihat lebih estetis. Tidak hanya itu, karena menggunakan material beda dari gitar biasanya, suara yang dihasilkanpun terdengar cukup khas.

Primaditya SSn MDs, salah seorang dosen yang ikut membimbing dalam proyek ini menerangkan, trend industri produk kini mulai bergeser ke produk yang menggunakan material alam yang lebih indah dan sustainable dibanding material seperti plastik atau metal.


“Selera pasar sekarang ini lebih mengarah ke hal-hal yang eksklusif dan tidak pasaran,” ujarnya.

Hal tersebut yang akhirnya mendorong empat mahasiswa Despro yang didampingi oleh Primaditya untuk berinovasi dengan bambu sehingga terciptalah gitar bamboo tersebut.

“Materialnya memang dipilih khusus supaya mencirikan Indonesia, yaitu rotan dan bambu petung, bambu yang diameternya paling besar dan hanya ada di Indonesia,” jelas dosen yang biasa dipanggil Prima ini.

Meskipun terbilang cukup susah, produk buatan Fany Basa dan rekan-rekannya ini sempat berhasil memikat hati Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti ketika pameran dalam rangka Dies Natalis ITS ke-57.

Penulis : Hikma Ahyuddin

Baca Juga  Nasional, Corona 26 Maret 2020 : 893 Kasus, 78 Meninggal, 35 Sembuh
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017