Upah Rendah, GPNHI Bahas Peraturan Daerah Kesejahtera Perawat di Makassar

0

Onesulsel.id, Makassar — Gerakan Perawat Honorer Nasional indonesia (GPNHI) Makassar Sulawesi Selatan menggelar seminar nasional di aula kampus UNM Phinisi Makassar, Minggu (15/09/2019).

Seminar keperawatan nasional dengan tema “Perda perawat disahkan, apalagi selanjutnya?” menghadirkan 400 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel.


Ketua panitia keperawatan nasional, Ilham Tompo mengatakan bahwa seminar tersebut diadakan sebagai tindak lanjut peraturan daerah yang telah disahkan oleh DPRD Kota Makassar terkait kesejahteraan para tenaga perawat.

“tujuan utama diadakannya seminar nasional tersebut untuk menindaklanjuti peraturan daerah yang telah disahkan DPRD Makassar turunan dari Undang-undang perawat no.38 tahun 2014,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa perda tersebut sangat berguna untuk memperhatikan nasib para perawat yang hanya digaji dibawah kata layak.

” Perawat di Indonesia khususnya di Kota Makassar hingga saat ini hanya digaji Rp. 300.000 pertiga bulan jadi dengan disahkannya peraturan daerah tersebut semoga Pemerintah dapat memberikan upah layak kepada perawat yang kerjaanya sangat rentan terjangkit dengan penyakit pasiennya,” tambahnya.

Diharapkan Pemerintah Kota Makassar, lanjut Ilham Tompo dapat segera menerbitkan peraturan walikota atau perwali agar supaya kebijakan DPRD dan Pemerintah Kota Makassar dapat berjalan beriringan.

“Jadi kami hanya menunggu kebijakan pak Walikota sebagai pimpinan tertinggi di Kota Makassar untuk menerbitkan peraturan walikota mengenai kesejahtera para perawat yang ada di kota Makassar agar gaji atau honorer para perawat sudah sesuai dengan Upah Minimum Kerja (UMK),” tutupnya.

Sekedar diketahui, sebanyak 10.000 perawat di Kota Makassar telah bekerja di klinik swasta dan di puskesmas milik pemerintah kota Makassar tetapi hanya sebagian perawat yang diupah standar sementara yang lainnya hanya diupah dibawah kata layak.

Penulis : Imran

Baca Juga  Kreatif !!! Warga Gowa Sulap Limbah Kayu Jadi Bahan Kerajinan Bernilai Ekonomis
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017