Wapres JK, Jenderal Gatot Memutuskan Tidak Jadi Berangkat ke AS Itu Sudah Tepat

0

Onesulsel.id, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi langkah panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke wilayah AS untuk menghadiri undangan Kepala Staf Gabungan militer AS, di Washington DC, AS, pada Sabtu (21/10).

“Yang jelas pihak AS sudah minta maaf dan menyesalkan kejadian itu dan tetap mengundang Pak Panglima untuk hadir. Walaupun, tentu kita merasa perlu untuk kali ini tidak memenuhi undangan karena sudah ada kejadian itu,” kata Wapres Kalla di Jakarta, kemarin.


Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Wapres mengatakan Kementerian Luar Negeri sudah memanggil Wakil Dubes AS Elizabeth McKee untuk meminta penjelasan terkait hal tersebut karena Dubes AS sedang tidak berada di Jakarta.

“Dalam pertemuan tersebut, mereka mengonfirmasikan bahwa hubungan antara Indonesia-AS sangat penting. Amerika melihat Indonesia merupakan partner yang penting,” kata Retno.

Retno juga mengatakan AS menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf terhadap penolakan tersebut dan menyampaikan bahwa penolakan tersebut sudah tidak ada dan mereka menyambut baik Jenderal Gatot untuk berkunjung ke AS.

“Intinya, kunjungan kapan pun akan diterima dengan hangat. Kemudian mereka menyampaikan bahwa Jenderal Danford akan melakukan komunikasi dengan Jenderal Gatot,” tambah Retno.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan Presiden Jokowi meminta dirinya tidak berangkat ke Amerika Serikat saat melapor adanya penolakan dari pemerintah AS atas rencana kunjungannya ke negara itu.

“Begitu saya tidak bisa berangkat, saya lapor juga ke Presiden. Presiden mengatakan, ‘Ya sudah tidak usah berangkat,” kata Gatot, kemarin.

Ia menyebutkan dirinya berangkat ke AS karena menjalankan perintah Presiden sebab ia merupakan perwakilan pemerintah.

“Begitu saya tidak bisa berangkat, saya lapor ke Presiden, lapor ke Menko Polhukam dan Menlu. Maka saya tidak boleh berkomentar apa pun juga. Tanyalah ke Menlu,” katanya.

Gatot menyebutkan kalau ditanya kapan ia akan berangkat lagi ke Amerika Serikat, dirinya akan mengatakan karena sudah melapor kepada Kepala Negara, maka ia berangkat hanya atas perintah Presiden Jokowi.

Editor : Muh. Idris

Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017