Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Sopir Terminal Daya Tes Urine

0

Onesulsel.id, Makassar — Tes Urine terhadap sopir atau pengemudi angkutan antar Provinsi dilakukan di Terminal Regional Daya Kota Makassar Sulawesi Selatan di Jalan Kapasa Raya Makassar, Jumat 08 Juni 2018.

Tes urine dilaksanakan memasuki musim mudik lebaran atas kerjasama Dinas Perhubungan Kota Makassar, Petugas Kepolisian dari Polrestabes Makassar, Jasa Raharja dan Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Sulsel.


Sejumlah sopir bus yang baru masuk ke kawasan Terminal Daya Makassar langsung diminta untuk mengisi lembar identitas yang sudah disiapakan dan mengikuti pemeriksaan.

Baca Juga  Kunjungan Kerja di Makassar, Wapres Jusuf Kalla Resmikan Gedung Radioterapi RSI Faisal

Tes urine dilakukan untuk mengantisipasi sopir atau pengemudi menggunakan bahan berbahaya.

Selain pemeriksaan urine, petugas juga melakukan pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran.

Petugas diantaranya melakukan pemeriksaan ban hingga rem. Pemeriksaan untuk memastikan jika kendaraan layak digunakan.

Selain memeriksa kendaraan, petugas juga memeriksa kelengkapan pengemudi termasuk surat ijin mengemudi dan surat kendaraan lainnya.

“Ini kegiatan rutin sebenarnya yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan dan Polrestabes Makassar dalam rangka meyakinkan sopir yang mengangkut pemudik itu terhindar atau terbebas dari penyalahgunaan narkoba. Dengan harapan bahwa tingkat kecelakaan yang diakibatkan penggunaan narkoba itu meningkat sehingga antisipasi dilakukan. Tadi diperiksa 9 orang hasilnya masih negatif atau aman,” kata Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sulsel Anas Kaharuddin.

Selain di Terminal Regional Daya Makassar tes urine dan pemeriksaan kelayakan kendaraan juga akan dilakukan di tempat lain.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017