Bantu Kaum Perempuan, MPPA Retail Luncurkan Program PERWIRA

0

Onesulsel.id, Makassar — PT. Matahari Putra Prima Tbk (MPPA Retail) bekerjasama dengan Yayasan Dompet Dhuafa meluncurkan program pendampingan dan pendanaan usaha kecil bagi perempuan wirausaha (PERWIRA). program ini merupakan bagian dari program donasi pelanggan yang telah dijalin selama 9 tahun antara MPPA retail dengan dompet dhuafa. program PERWIRA ini digagas oleh SMARTCLUB salah satu unit bisnis MPPA retail yang bergerak di bisnis grosir ritel namun melibatkan juga seluruh format ritel milik MPPA.

Berdasarkan data kementrian koperasi dan usaha kecil dan menengah, pada tahun 2016 ada 60 persen pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di indonesia dimotori oleh perempuan. mereka yang justru telah teruji paling mampu bertahan dari badai krisis moneter, ekonomi, pangan, dan energi yang menimpa dunia dan indonesia dalam kurun waktu sepeluh tahun terakhir. Tantangan terbesar dalam program pemberdayaan ekonomi perempuan saat ini adalah peran ganda yang masih harus ditanggung oleh mereka.


Direktur Dompet Dhuafa Sulsel, Andriansyah mengatakan kaum perempuan sebagian besar menggantikan peran kaum laki-laki sebagai tulang punggung keluarga dan kepala keluarga, namun disisi lain mereka juga tetap memiliki kewajiban mengurus rumah tangganya, namun tidak membuat kaum perempuan kehilangan kesempatan menjalankan fungsi domestik yang masih mereka lakukan.

“Tahap awal program ini akan mendanai 50 perempuan wirausaha kecil yang memiliki warung kelontong di makassar agar mereka tidak kesulitan dalam pendanaan usahanya”. ujarnya

GM Program Pendayagunaan Dompet Dhuafa Sulsel, Nurwana mengatakan selain pendanaan bantuan juga akan diberikan dalam bentuk pendampingan usaha diantaranya pelatihan pengelolaan toko, stock inventory, aplikasi TI dan sebagainya.

“Harapannya usaha yang akan dijalankan bisa berkembang lebih maju dan masa yang akan datang,” tambahnya.

Head Of Corporate Communication MPPA Retail, Fernando Rapi mengatakan, program perwira ini salah satu bentuk dukungan kami bersama dengan dompet dhuafa dan masyarakat terhadap kemajuan usaha kecil yang akan memberikan effect domino terhadap kemajuan sektor rill perekonomian di suatu daerah.

“terima kasih atas kerjasama yang baik dari dompet dhuafa dan kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam program ini,” ujarnya.

Penulis : Imran
Editor : Muhammad Idris

Baca Juga  Kampanye Di Makassar, Make Over Ajak Wanita Untuk Cantik Dari Diri Sendiri
Share.

About Author

Comments are closed.

© Copyright OneSulsel 2017