Begini Syarat Jadi Komisioner KPU 11 Kabupaten dan Kota se-Sulsel

0

Onesulsel.id, Makassar — Timsel KPU 11 kabupaten dan kota se-Sulsel akan membuka pendaftaran pada 2-12 Maret 2018.

Menurut Anggota Timsel, Tasrifin Tahara masing-masing calon akan dinilai berdasarkan tingkat pendidikan, pengalaman organisasi dibidang kepemiluan maupun non kepemiluan, makalah yang pernah ditulis yang erat hubungannnya dengan kepemiluan.


“Kalau pengalaman organisasinya itu erat kaitannya dengan kepemiluan, maka bobot penilaiannya makin tinggi, begitu pula dengan makalah atau jurnal yang ditulis,” kata dia saat jumpa pers di Kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani.

Baca Juga  Kuartal III, SGB Makassar Cetak 256.116 Lot

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa setiap daerah akan dipilih tiga orang anggota KPU, kecuali Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone berjumlah lima orang. Hal ini disebabkan karena kabupaten tersebut punya wajib pilih di atas rata-rata jumlah pemilih.

“Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone itu mencari lima orang komisioner. Selain kedua kabupaten itu, kami mencari tiga orang komisioner. Dan setiap kabupaten itu ada 40 orang calon yang akan disaring untuk mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Timsel Andi Luhur Priyanto menekankan bahwa Timsel kabupaten Kota tidak menerima berkas melalui pos dan email.

Baca Juga  Band Indie Makassar The Create Band Luncurkan Single "Sayang Kamu"

“Jika calon ini yang bergelar doktor itu memiliki bobot 100, kalau memiliki ijazah S2 itu memiliki bobot 75, yang memiliki ijazah s1 itu 50. Selain itu sangat penting juga mereka yang memiliki tulisan di media, makalah dan jurnal-jurnal yang diterbitkan, itu memiliki bobot yang tinggi,” ujarnya.

Adapun nama-nama Timsel masing-masing lima orang di setiap zona. Tim 1 di antaranya Drs. Aminullah, Andi Luhur Priyanto, M.Si, Eka Damayanti, S. Psi. , M.A, Dr. Firdaus Muhammad, M.A, Prof. Dr. Hj. Nurhayati Rahman, M.S. Tim II: Dr. Hj. lhyani Malik, s.sos., M Si, Dra. Jumiati Nur, M. Pd, Dr. Muhammad Rizal, Dr. Hj. Nurul Fuadi, M.A, Dr. Tasrifin Tahara.

Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017