BPJS Kesehatan Manjakan Peserta JKN-KIS Selama Mudik

0

Onesulsel.id, Makassar — Kabar gembira untuk masyarakat Peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan memberikan layanan ekstra untuk anda yang sedang libur lebaran. Senin (4/6/2018).

Melalui program mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan, pada delapan hari sebelum lebaran hingga delapan hari setelah lebaran (7 juni-23 Juni 2018), peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama libur Idul Fitri.


Jaminan kesehatan tersebut berupa layanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) meskipun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Baca Juga  Bantu Warga dan Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan Makassar Sediakan 500 Paket Murah di Bulan Ramadhan 1439 H

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Ichwansyah Gani menjelaskan bahwa peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan FKTP.

“Prinsip probabilitas pada program JKN-KIS ini bisa digunakan ketika mudik lebaran, sesuai perundang undangan yang berjalan berisi tentang peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan FKTP walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. Hal tersebut juga bisa menjadi bentuk kerjasama BPJS Kesehatan dengan faskes dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan” jelasnya.

Ichwansyah menambahkan bahwa kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku untuk FTKP Non Puskesmas.

Baca Juga  Kedokteran Unismuh Kerjasama LKC Dompet Dhuafa Siapkan 10 Posko Kesehatan Untuk Pemudik

“Pada keadaan gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS selama peserta mengikuti prosedur yang berlaku serta tindak medis yang diperbolehkan sesuai indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter” tambahnya.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS yang dapat di download secara gratis. Selain itu, masyarakat juga bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam.

Fasilitas tambahan yang disiapkan BPJS kesehatan adalah dengan dibukanya Posko Mudik di 8 titik pemudik yakni Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta pelabuhan Merak Banten yang di gelar pada 9 hingga 14 Juni 2018.

Penulis : Hikma Ahyuddin
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017