Ibu-Ibu Binaan BAZNAS Hasilkan Produk yang Punya Nilai Jual

0

Onesulsel.id, Makassar — Salah satu misi besar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) selain memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan juga untuk memandirikan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan. Senin (4/6/2018).

Salah satu wujud keinginan BAZNAS untuk memandirikan masyarakat adalah dengan memberikan keterampilan tambahan bagi ibu ibu melalui pelatihan.


Dalam pelatihan yang digelar tersebut sedikitnya 15 orang ibu-ibu diikut sertakan untuk dikembangkan skillnya berwirausaha dan menghasilkan produk. Alhasil, lima hari setelah pelatihan, ibu-ibu yang diberdayakan tersebut mampu menghasilkan berbagai produk yang memiliki daya jual.

Baca Juga  Kedokteran Unismuh Kerjasama LKC Dompet Dhuafa Siapkan 10 Posko Kesehatan Untuk Pemudik

Produk penganan sehari hari mampu dihasilkan seperti Bandeng presto tanpa tulang, Sarden, Abon dan Nugget.

Saat ini, upaya untuk pemberian label serta sertifikasi halal sedang diupayakan untuk memajukan produk binaan BAZNAS ini.

Ketua BAZNAS kota Makassar, Anis Zakriah kama ini menyebutkan bahwa anggaran yang disediakan untuk memberdayakan masyarakat ini sebesar Rp. 40.000.000.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi PMI Ke-74, Alfa Midi Cabang Makassar Kumpulkan 33 Kantong Darah

“Kurang lebih Rp. 40.000.000 kami siapkan untuk membiayai produksi dan alat dari ibu-ibu ini” katanya.

Lebih lanjut, Anis zakriah kama menghimbau agar masyarakat mempercayakan zakatnya kepada Amil Zakat yang terdaftar sehingga bisa tersalurkan sebagaimana mestinya.

“Kami menghimbau kepada muzakkir untuk ihlas berzakat dan menyalurkan zakatnya kepada amil resmi. Produk ini merupakan sebuah hasil pemanfaatan zakat yang telah kami terima dan kami salurkan untuk memberikan pembinaan ibu ibu” lanjutnya.

Anis zakriah kama juga berharap agar ibu ibu yang telah dibina ini mampu mengembangkan ilmu yang telah diterimanya dengan membuat usaha.

Baca Juga  Kunjungan Kerja di Makassar, Wapres Jusuf Kalla Resmikan Gedung Radioterapi RSI Faisal

“Harapan untuk ibu ibu ini agar betul betul menimba ilmu agar nantinya bisa menjadi sebuah kegiatan usaha, bukan hanya untuk konsumsi saja. Jgn kembali seperti sebelum diberi pelatihan”harapnya.

Penulis : Hikma Ahyuddin
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017