Kekuatan Koalisi Golkar-NasDem Ada di Rudal Cicu dan Appi, Siapa yang Akan Berpaket?

0

Makassar – Koalisi Partai Golkar dan NasDem di Pilwali Makassar 2018 mendatang sudah bisa dipastikan akan mempersiapkan jagoannya untuk bisa menumbangkan pertahana Walikota Danny Pomanto (DP).

Bahkan, Rusdi Masse (RMS) Ketua DPW Partai NasDem Sulsel, telah menegaskan dukungan partainya untuk pilkada serentak 2018 di Sulsel. Khusus Pilwali Makassar, Rusdi Masse mengatakan, tak ada pintu untuk petahana, Danny Pomanto (DP). Lantas, siapakah figur yang akan diusung oleh Koalisi Partai Golkar dan Partai NasDem di Pilwali Makassar 2018 mendatang?


Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Makassar, Arqam Azikin menilai bahwa koalisi Partai Golkar dan NasDem akan lebih menarik jika nama Andi Rachmatika Dewi (Cicu), Rusdin Abdullah (Rudal) dan Munafri Arifuddin (Appi) diusung sebagai penantang kuat bagi pertahana.

“Jika Golkar dan Nasdem siapkan paket di Pilwali Makassar, yang ada lebih menarik pasangan Rudal-Cicu, Appi-Cicu, atau Rudal-Appi. ketiga alternatif simulasi paket ini yang bisa memiliki kans jadi perhatian dan daya tarik bagi pemilih Makassar bila akan menghadapi  incumbent (DP),” ungkap Arqam Azikin, Jum’at, 15/9/2017.

Cicu yang juga Ketua NasDem Makassar, sedangkan Rudal Bendahara DPD I Golkar Sulsel akan menjadi kekuatan yang besar untuk bisa mengalahkan Incumbent, bahkan dengan masuknya Appi yang juga CEO PSM dalam salah satu nama yang masuk dalam penjaringan Partai Golkar, ada kemungkinan memiliki peluang mengendarai Partai Beringin tersebut.

“Sudah semakin mengerucut ketiga figur tersebut masuk dalam proses paket Golkar-NasDem dalam Pilwali Makassar 2018, dan kalau nama-nama lain sudah kurang kansnya diperbincangan publik. artinya tidak menguntungkan bagi Golkar bila di luar ketiga figur itu,” ungkap Pendiri Sekolah Kebangsaan itu.

Dengan begitu, Golkar dan NasDem harus mengatur strategi pasangan calon untuk diusung sebagai penantang kuat bagi Pertahana, apalagi waktu pertarungan Pilwali Makassar sudah kurang dari setahun.

“Silahkan saja barter-barteran dan tukar-tukaran paket, tapi sudah agak riskan mepet waktu. munculnya nama Appi dan Rudal di Golkar masuk di Pilwali sebagai Balon 01 merupakan realitas politik, karena basis-basis politiknya di Makassar cukup baik dibanding kader yang lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Nurani Strategik, Nurmal Idrus mengatakan, jika Rudal dan Cicu berpasangan tentu lain situasinya karena kedua figur ini memiliki basis massa berbeda. “Di atas kertas keduanya juga masuk dalam radar survei yang bagus, meski angkanya masih di bawah incumbent tapi Rudal-Cicu akan memberi warna baru dalam persaingan. Rudal dan Cicu paling siap jadi lawan,” kata Nurmal.

Nurmal menambah, bahwa keduanya tidak tersangkut paut dengan persyaratan atau kalkulasi politik. Kendaraan partai juga paling siap. “Kan kursi Golkar dan NasDem di DPRD sudah melampaui dari persyaratan yang dibutuhkan,” ujar Nurmal.

Baca Juga  Modal Cinta, Bule Asal Iran Tipu Pengusaha di Makassar
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017